Makanan Penyebab Usus Buntu yang Sebaiknya Dihindari atau Dibatasi

makanan penyebab usus buntu
Ilustrasi makanan penyebab usus buntu. Foto: Istimewa

Ada anggapan tentang sejumlah makanan penyebab usus buntu, seperti jambu biji. Benarkah makanan tertentu bisa menyebabkan penyakit usus buntu? Bagaimana memilih makanan yang sehat agar terhindar dari penyakit ini.

Usus buntu (Appendix vermiformis) merupakan sebuah kantung kecil yang terdapat di ujung usus penyerapan atau usus besar. Organ ini ternyata memiliki fungsi penting dalam proses sekresi immunoglobulin kekebalan tubuh.

Terganggunya sekum usus buntu dapat menyebabkan appendicitis atau penyakit usus buntu. Penyakit ini berupa peradangan usus buntu yang termasuk berbahaya. Jika terjadi gejala, segeralah ke dokter karena membutuhkan tindakan medis segera.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan appendicitis. Salah satunya karena mengonsumsi makanan penyebab usus buntu. Meskipun begitu makanan bukanlah faktor penyebab langsung gangguan ini, melainkan bisa memicu terjadinya penyakit usus buntu.

Sedangkan gejala penyakit usus buntu yang banyak terjadinya antara lain sakit perut, perut bengkak, keram pada perut, sering buang angin, diare, konstipasi atau sembelit, mual, muntah, hilangnya nafsu makan, dan demam.

Makanan Penyebab Usus Buntu

Ada sejumlah makanan yang meningkatkan risiko terkena gangguan usus buntu. Menghindarinya akan mencegah kondisi semakin parah. Berikut ini beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari.

Daging Olahan

Ada banyak produk makanan daging olahan yang dijual di pasaran. Seperti bakso, nuget, atau sosis. Terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan daging tanpa diimbangi dengan sayuran bisa memicu usus buntu.

Daging Merah

Mengonsumsi daging merah memang berguna untuk tubuh. Namun jika terlalu sering juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit usus buntu. Jenis daging merah ini antara lain daging sapi, daging babi, dan jenis hewan berkaki empat lainnya.

Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau fast food juga termasuk makanan penyebab usus buntu yang sebaiknya dihindari atau dibatasi. Makanan ini banyak mengandung lemak, namun rendah serat yang buruk untuk pencernaan.

Produk Olahan Susu

Beberapa produk olahan susu juga dapat memicu terjadinya usus buntu. Makanan seperti keju termasuk sulit dicerna usus. Jika makan terlalu banyak atau sering akan menumpuk dan mengganggu kerja usus dan menyebabkan usus buntu.

Biji-Bijian

Biji-bijian juga termasuk makanan yang sebaiknya dibatasi konsumsinya. Gandum atau produk biji-bijiannya juga lama proses pencernaan dalam usus. Jika menumpuk dalam pencernaan dapat memicu penyakit usus buntu.

Biji Buah

Anggapan masyarakat bahwa makan jambu biji dengan bijinya bisa menyebabkan usus buntu. Hal ini tidak terlalu salah karena biji buah sulit dicerna usus. Namun kasus usus buntu akibat biji buah terbilang jarang terjadi.

Makanan Pedas

Selain biji buah, makanan pedas juga sering dianggap sebagai makanan penyebab usus buntu. Faktanya, makanan pedas tidak akan langsung menimbulkan usus buntu. Namun jika konsumsinya berlebihan dengan tingkat sangat pedas bisa mengganggu pencernaan.

Pemanis Buatan

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung pemanis buatan sebaiknya juga dihindari atau dibatasi. Bahan makanan buatan ini tidak mudah dicerna dan bisa menumpuk dalam usus sehingga akan menyebabkan peradangan usus buntu.

Minuman Beralkohol

Kebiasaan minum minuman beralkohol juga dapat meningkatkan risiko terkena usus buntu. Minuman keras ini akan melukai usus jika dikonsumsi terlalu sering. Hal ini tentunya dapat menyebabkan peradangan pada usus buntu.

Itulah berbagai jenis makanan penyebab usus buntu yang sebaiknya dihindari atau dibatasi. Sebaliknya, imbangi pola makan dengan makanan sehat, seperti sayuran yang kaya serat dan nutrisi. Ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan usus. (R11/HR-Online)

Loading...