Makanan Untuk Anak Diare yang Ampuh Tanpa Perlu dengan Obat

Makanan Untuk Anak Diare yang Ampuh Tanpa Perlu dengan Obat
Makanan untuk anak diare yang ampuh tanpa perlu dengan obat. Foto:Ist/net

Memberikan makanan untuk anak diare merupakan langkah bijak yang juga efektif. Anda tidak perlu selalu mengandalkan obat-obatan kimia untuk mengatasi anak diare yang mungkin kurang baik untuk usia balita.

Sistem imunitas tubuh anak-anak yang belum optimal membuatnya mudah terserang penyakit. Gangguan seperti flu, demam, batuk, hingga diare termasuk yang sering menyerang anak-anak.

Namun untuk mengatasi penyakit yang menyerang anak-anak sebaiknya tidak segera memberikan obat-obatan kimia. Apalagi tak sedikit gejala yang timbul seperti batuk atau diare lebih merupakan reaksi tubuh dalam menangkal benda asing yang masuk tubuh.

Daftar Makanan Untuk Anak Diare yang Terbaik

Makanan dan buah-buahan mengandung nutrisi, mineral, dan zat aktif yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebelum memberikan obat, berikut ini daftar makanan untuk anak diare yang bisa menjadi solusi terbaik.

1. Air Kelapa Muda (Degan)

Air kelapa muda merupakan air yang kaya dengan kandungan elektrolit yang penting untuk tubuh. Air degan juga dikenal ampuh meredakan diare dan gangguan pencernaan.

Selain itu air kelapa juga sangat berkhasiat mencegah dehidrasi akibat diare yang diderita anak-anak. Karena itu cobalah untuk memberikan minuman ini jika anak Anda mengalami diare sebagai langkah darurat.

2. Buah Pisang

Buah pisang juga termasuk jenis makanan untuk anak diare yang berkhasiat. Buah ini diketahui kaya vitamin B6 dan C yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Buah ini juga kaya serat yang efektif untuk menghentikan diare.

Selain itu buah ini juga mengandung pektin yang dapat mengeraskan kotoran. Kondisi diare yang menurunkan nafsu makan juga bisa diatasi dengan memberikan buah yang gampang dicerna dan kaya karbohidrat sekaligus mengatasi diare-nya.

Baca Juga: Bahan Alami Ini Bisa Mengobati Diare Dijamin Ampuh dan Mujarab

3. Buah Jeruk Lemon

Jeruk lemon juga sangat dianjurkan sebagai makanan untuk anak diare. Selain kaya dengan vitamin C, buah ini juga bersifat anti bakteri dan anti inflamasi yang berkhasiat meredakan diare anak.

Selain ampuh mengatasi diare, buah ini juga baik untuk meredakan perut kembung, mulas, maupun kram perut. Campurkan satu sendok makan air lemon dalam minuman anak untuk meredakan kondisi diare anak.

4. Wortel

Pilihan makanan lainnya yang juga ampuh atasi diare anak adalah wortel. Buah sayuran ini dikenal kaya dengan vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, dan C yang baik untuk mengembalikan energi anak.

Wortel juga dikenal banyak mengandung serat yang bisa menghentikan diare. Anda bisa membuatkan sup wortel untuk mengatasi diare dengan cepat. Kombinasikan dengan buah dan madu agar lebih efektif.

5. Yoghurt

Yoghurt juga termasuk jenis makanan untuk anak diare yang sangat disarankan. Selain mudah dicerna, minuman ini juga dikenal kaya dengan probiotik yang sangat efektif untuk meredakan dan mengatasi diare anak.

6. Buah Apel

Apel diketahui merupakan buah yang baik untuk meredakan diare anak. Buah ini dikenal kaya pektin yang ampuh meredakan diare. Anda bisa membuatkan jus apel dengan tambahan madu untuk mengatasi diare anak.

7. Buah Jambu Biji

Jambu biji juga termasuk buah dan makanan untuk anak diare yang baik. Buh ini diketahui kaya dengan kandungan vitamin C dan antioksidan yang baik untuk membunuh bakteri penyebab diare.

8. Telur Rebus

Telur ayam juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk anak yang sedang diare. Telur diketahui kaya protein, vitamin B12, fosfor, folat, dan kolin. Selain dapat mengatasi diare, makanan ini juga bisa meningkatkan energi tubuh.

Itulah beberapa jenis buah dan makanan untuk anak diare yang efektif dan baik. Memberikan makanan ini dapat menjadi pilihan terbaik mengatasi gangguan diare pada anak sebelum di bawa ke dokter. (R11/HR Online)

Loading...