Manfaat Biji Alpukat Ampuh Turunkan Kolesterol hingga Cegah Kanker

Manfaat Biji Alpukat Ampuh Turunkan Kolesterol hingga Cegah Kanker
Kerap dibuang, inilah 10 manfaat biji alpukat untuk kesehatan tubuh. Foto:Ist/Net

Manfaat biji alpukat ternyata baik untuk kesehatan tubuh. Sering dibuang begitu saja, ternyata biji alpukat tak kalah bermanfaat seperti dagingnya.

Daging alpukat sendiri sangat lezat dan kerap dijadikan berbagai olahan seperti jus ataupun campuran salad buah. Alpukat memilki kandungan lemak baik dibanding buah lainnya. Nah bagaimana dengan bijinya?

Biji alpukat juga bisa dikonsumsi lho! Jawabannya bisa. Meski pahit, biji alpukat sudah dijadikan obat-obatan di sejumlah negara di dunia, sebut saja Nigeria. Disana, ekstrak biji alpukat dijadikan obat penurun tekanan darah atau hipertensi.

Lalu, apa sajakah manfaat biji alpukat? Khasiat baik pada biji alpukat didapat dari berbagai kandungan baik didalamnya.

Sejumlah penelitian membuktikan biji alpukat mengandung asam lemak, karbohidrat, serat makanan, dan sejumlah kecil protein.

Selain itu, biji alpukat juga menjadi salah satu sumber fitokimia. Bahkan memiliki sifat antioksidan. Kemudian, karbohidrat yang ada pada biji alpukat terdiri dari 75 persen pati atau zat tepung.

Inilah yang membuat biji alpukat dipercaya masyarakat termasuk masyarakat Indonesia, baik untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat biji alpukat yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber:

10 Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan

1. Menurunkan Kolesterol

Konsumsi olahan biji alpukat dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Biji alpukat yang sudah diolah menjadi tepung, terbukti mampu mengurangi jumlah kolesterol pada hewan uji.

2. Mengobati Diabetes

Dalam sebuah penelitian pada  hewan uji yang mengalami diabetes, biji alpukat ini sangat efektif sebagai obat antidiabetes.

3. Mencegah Kanker

Manfaat biji alpukat ketiga yakni  bisa mencegah kanker. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam biji alpukat mampu mencegah sel-sel tubuh dari kerusakan yang menyebabkan kanker. Kandungan flavonoidnya juga ampuh mencegah penyakit kanker.

4. Mengatasi Sakit Maag

Sakit maag hampir diderita setiap orang di jaman modern ini. Sakit maag sangat menyiksa karena sangat mengganggu aktivitas.

Bisanya penderita maag mengalami sakit dibagian ulu hati ini, mengalami lemas tubuh hingga muntah. Konsumsi biji alpukat dipercaya mampu mengobati sakit maag.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Pada penelitian hewan uji, ekstrak biji alpukat ternyata mampu merelaksasikan pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa turun dan menghindari seseorang terkena penyakit jantung. Orang yang memiliki penyakit hipertensi, disarankan konsumsi biji alpukat.

6. Antioksidan, Antibakteri dan Antijamur

Manfaat biji alpukat lainnya yakni sebagai aktioksidan, antibakteri dan antijamur.

Biji alpukat juga terbukti sebagai anti bakteri karena mampu menghentikan berkembangnya bakteri Clostridium sporogenes.

7. Biji Alpukat untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Mengandung antioksidan yang tinggi, biji alpukat ternyata ampuh menjaga daya tahan tubuh. 70% kandungan antioksidan dipercaya mapu menangkal radikal bebas bakalan, sehingga kamu tidak akan mudah sakit.

8. Meredakan Peradangan

Manfaat biji alpukat juga ampuh meredakan berbagai peradangan pada tubuh. Kandungan  antiinflamasi pada biji alpukat dapat menyembuhkan peradangan pada tubuh dengan cepat.

9. Mengatasi Sembelit

Anda yang mengalami sembelit atau susah BAB, coba konsumsi ektrak biji alpuka. Biji alpukat dipercaya ampuh mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit. Biji alpukat juga baik untuk kesehatan lambung dan usus.

10. Menurunkan Berat Badan

Biji alpukat ternyata bagus lo untuk program diet. Dalam biji alpukat terdapat serat alami yang bisa membuatmu perut kenyang lebih lama.

Apabila kamu rutin konsumsi olahan biji alpukat, berat badan kamu bisa turun dengan signifikan.

Itulah beberapa manfaat biji alpukat yang bisa kita sampaikan. Cara mengolah biji alpukat sendiri cukup mudah.

Manfaat Biji Alpukat Belum Teruji

Kamu tinggal memanaskan biji alpukat pada open dengan suhu 121 derajat celcius. Jika sudah kering, potong biji alpukat kecil-kecil, lalu blender hingga halus dan bubuk. Kamu tinggal menyeduh dengan air hangat.

Namun, dibalik berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan, biji alpukat masih perlu diuji lebih lanjut. Pasalnya, senyawa inhibitor trypsin dan glikoda sianogenik terkandung dalam biji alpukat, bisa membahayakan kesehatan.

Selama ini, uji klinis dan penelitian atau studi hanya dilakukan hewan saja. Sejauh ini, belum ada bukti kuat, biji alpukat aman dikonsumsi manusia.

Manfaat biji alpukat memang banyak untuk kesehatan, namun efek sampingnya juga perlu kita perhatikan dan pertimbangkan. Konsultasi ke dokter atau ahli gizi jika kamu penasaran ingin mencoba konsumsi biji alpukat. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...