Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita BisnisManfaat dan Tujuan Akuntansi Manajemen untuk Pengelolaan Usaha

Manfaat dan Tujuan Akuntansi Manajemen untuk Pengelolaan Usaha

Ada banyak manfaat dan tujuan akuntansi manajemen yang sebaiknya dikenal dengan baik. Selain untuk memudahkan dalam mengelola usaha, akuntansi manajemen juga penting dalam membantu menganalisa tantangan yang ada.

Manajemen dan akuntansi merupakan dua hal yang saling berkesinambungan. Sekalipun masing-masing memiliki definisi berbeda, namun keduanya memiliki hubungan yang tidak bisa dipisahkan. Karena, ketika berbicara tentang akuntansi, pasti akan selalu ada unsur manajemen didalamnya.

Akuntansi manajemen yang sering juga disebut akuntansi manajerial, seperti dikutip dari Wikipedia, merupakan sistem akuntansi yang berhubungan dengan pemanfaatan informasi akuntansi. Hal ini untuk manajer atau manajemen suatu perusahaan atau organisasi.

Tujuan akuntansi manajemen terutama untuk memberikan informasi statistik keuangan yang tepat dan akurat kepada manajemen agar manajer atau perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat. Baik keputusan jangka waktu pendek maupun untuk jangka waktu panjang.

Baca juga: Perbedaan Akuntansi Biaya dan Keuangan yang Wajib Diketahui Pebisnis

Akuntansi manajemen merupakan suatu proses yang mempersiapkan laporan keuangan dan juga laporan material. Karena itu akuntansi manajerial juga merupakan sebuah sistem agar informasi akuntansi bisa digunakan oleh manajer dalam manajemen sebuah organisasi.

Tujuan akuntansi manajemen juga untuk memberikan dasar kepada manajemen untuk membuat suatu keputusan yang memungkinkan manajemen lebih siap dalam melakukan dan pengelolaan fungsi kontrol.

Manajemen akuntansi juga meliputi penyusunan laporan keuangan untuk kelompok non manajemen seperti kreditur, badan pengatur, otoritas pajak dan badan pengatur.

Tujuan Akuntansi Manajemen Bisnis

Akuntansi manajemen membantu dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dan tantangan dalam menjalankan bisnis dan meramalkan tren bisnis di masa depan untuk mengembangkan usaha.

Karena itu manfaat dan tujuan akuntansi manajemen adalah melakukan identifikasi, akumulasi, analisis, pengukuran, komunikasi, interpretasi dan penyusunan informasi untuk perusahaan.

Manajer atau pimpinan perusahaan akan menggunakannya dalam merencanakan, pengendalian dan mengevaluasi suatu entitas dan memastikan sesuai akuntabilitas pengguna sumber daya tersebut.

Baca juga: Materi Akuntansi Keuangan yang Wajib Dipahami Pelaku Usaha

Bisa disimpulkan bahwasanya sistem ini dibuat hanya untuk pihak internal perusahaan agar datanya dirahasiakan dari pihak luar. Berikut ini beberapa tujuan akuntansi manajemen dan penerapannya yang sebaiknya Anda tahu.

Informasi Keuangan

Memberikan informasi keuangan untuk kepentingan pihak internal perusahaan atau manajemen  dalam mencapai tujuan perusahaan. Informasi ini dibutuhkan oleh manajemen sebagai bahan untuk menilai hasil usaha dan pertimbangan pengambilan keputusan.

Membuat Keputusan

Mengidentifikasi, melaporkan dan mengukur informasi keuangan dalam bentuk laporan keuangan yang detail, sistematis dan transparan. Manajemen akan menggunakan informasi tersebut untuk membuat penilaian dan keputusan yang tepat dalam suatu organisasi perusahaan.

Menjalankan Proses Manajemen

Tujuan akuntansi manajemen juga untuk menyajikan laporan sebagai satu kesatuan usaha. Kepentingan pihak internal dalam menjalankan proses manajemen yang meliputi perencanaan, pengendalian, pengarahan dan pengorganisasian.

Membantu dalam Mengambil Keputusan

Membantu untuk masa depan. Manajemen akuntansi bisa membantu berdasarkan data. Hal ini tentu sangat membantu manajer dalam memperkirakan semuanya, terutama saat akan melakukan pengambilan keputusan dalam menentukan pilihan yang penting dalam organisasi.

Pengambilan Keputusan Strategis

Membantu dalam memilih keputusan. Ketersediaan biaya dan produksi merupakan faktor penentu dalam memilih. Melalui akuntansi manajemen data akan dikembangkan dan memungkinkan dalam pengambilan keputusan strategis di tingkat operasional.

Mengalokasikan Sumber Dana

Memprediksi arus kas yang sangat penting dalam bisnis. Manajemen akuntansi memaparkan grafik tren dan perencanaan anggaran. Hal ini digunakan manajer agar bisa mengalokasikan sumber dana atau kas untuk mendapatkan pertumbuhan pendapatan.

Itulah berbagai manfaat dan tujuan akuntansi manajemen yang sangat penting dalam mengelola dan mengendalikan usaha. Pelaporan akuntansi manajemen juga sangat dibutuhkan jika usaha ingin berkembang lebih besar. (R11/HR-Online)

- Advertisment -