Manfaat Rumput Laut untuk Covid-19 Ternyata Ampuh Blokir Virus Corona

Manfaat Rumput Laut untuk Covid-19
Ilustrasi Rumput Laut untuk Covid-19. Foto: Ist/Net

Sebuah riset terbaru melaporkan manfaat rumput laut untuk Covid-19 yang mampu memblokir virus Corona. Bahkan efektivitas ekstrak rumput laut dalam menghadapi Corona lebih baik dibandingkan obat Remdesivir.

Sejak ditemukan dan berhasil dalam uji klinis, Remdesivir saat ini digunakan sebagai antivirus standar di berbagai rumah sakit khususnya di Amerika Serikat. Remdesivir menjadi alternatif terbaik untuk memerangi penyakit Covid-19.

Namun para peneliti dari Rensselaer Polytechnic Institute Amerika Serikat justru menemukan ekstrak rumput laut. Ternyata rumput laut jauh lebih efektif dibandingkan obat Remdesivir.

Dalam laporannya yang diterbitkan di jurnal Cell Discovery 1 baru-baru ini menemukan manfaat rumput laut untuk Covid-19 yang sangat efektif. Temuan ini melengkapi sejumlah herbal yang bisa menjadi alternatif mencegah infeksi Corona.

“Hingga sekarang kita tidak memiliki antivirus yang bagus. Untuk melindungi diri dari pandemi, kita perlu berbagai pendekatan yang bisa dengan cepat menghadapi virus yang muncul,” kata peneliti utama Jonathan Dordick seperti dikutip dari laman Scitech Daily.

Temuan Manfaat Rumput Laut untuk Covid-19

Dalam penelitian itu, Jonathan Dordick (profesor teknik kimia dan biologi) dan Robert Linhardt (profesor kimia dan biologi kimia) di Rensselaer Polytechnic Institute melakukan strategi umpan terhadap infeksi virus Corona.

Teknik riset semacam ini sebelumnya pernah dilakukan ilmuwan lain dalam menjebak virus demam berdarah, Zika, dan influenza A. Dengan menganalisa reaksi virus akan diketahui efek antivirus yang diberikan, termasuk manfaat rumput laut untuk Covid-19.

Protein spike yang terdapat pada permukaan virus SARS-CoV-2 saat terjadi infeksi akan menempel pada reseptor ACE-2 yang dikenal sebagai molekul sel tubuh.

Virus ini kemudian akan memasukkan bahan genetiknya ke dalam sel tubuh dan membajak mesin seluler untuk menghasilkan virus replika. Dalam proses inilah para ilmuwan akan memberikan umpan untuk “dibujuk” agar mengunci molekul umpan.

Namun agar virus mau dibujuk, maka molekul umpan memiliki kecocokan yang serupa dengan molekul sel tubuh yang diinjeksi virus. Pada tahap inilah virus akan dilumpuhkan dan diblokir agar tidak bisa melakukan replikasi.

“Jika riset ini memberikan hasil yang efektif bagaimana cara memblokir infeksi virus, ini akan menjadi pengetahuan yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi pandemi secara cepat,” ujar Dordick.

Dalam metode umpan ini para peneliti menggunakan beberapa bahan antivirus. Selain ekstrak rumput laut, obat Remdesivir dan Heparin juga digunakan. Heparin adalah obat pengencer darah yang sudah dikenal dan banyak digunakan.

Obat Semprot Hidung

Para ahli dari kawasan Troy, New York itu menemukan bahwa manfaat rumput laut untuk Covid-19 ternyata jauh lebih efektif utamanya dalam memblokir dan melumpuhkan Covid-19.

“Pemahaman saat ini bahwa serangan infeksi Covid-19 dimulai di hidung. Zat ini bisa menjadi dasar untuk obat semprot hidung,” kata Prof Robert Linhardt.

Ahli biologi kimia ini menyatakan pentingnya pengobatan infeksi Corona lebih awal. Pemberian obat sesaat setelah tubuh terinfeksi juga dinilai sebagai cara yang lebih efektif dalam memblokir virus sebelum memasuki tubuh.

Manfaat rumput laut untuk Covid-19 jauh lebih ampuh dalam membunuh virus Corona dibandingkan remdesivir maupun heparin. Obat remdesivir maupun heparin memberikan hasil yang setara dalam melumpuhkan Corona.

Meskipun mekanisme umpan molekul dinilai sangat rumit, namun para ahli itu menemukan jenis senyawa yang bisa digunakan untuk membasmi virus Corona. Salah satunya adalah polisakarida tersulfasi.

Bahkan dari temuannya itu Dordick menyatakan bahwa manfaat rumput laut untuk Covid-19 ini bisa digunakan sebagai dasar pengobatan dalam mengatasi infeksi saluran cerna akibat virus Corona. (R11/HR-Online)

Loading...