Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita TerbaruMembaca Shalawat Nabi, Dekatkan Diri kepada Alloh

Membaca Shalawat Nabi, Dekatkan Diri kepada Alloh

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com).- Membaca Shalawat Nabi. Banyak sekali ibadah yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk pendekatan diri dengan Allah SWT.

Karena telah berlimpah nikmat yang diberikan-Nya kepada kita sebagai makhluk. Sudah sepantasnya kita senantiasa bersyukur akan segala karunia-Nya.

Salah satu dengan cara membaca shalawat Nabi. Dengan membaca shalawat, maka tentu kita akan semakin dekat dengan Allah SWT dan dapat pahala.

Perintah untuk Sering Bershalawat

Allah SWT telah memerintahkan kepada seluruh makhluk-Nya agar sering bershalawat, terutama ketika sedang berada di waktu yang luang.

Ibadah ini tentu harus dilakukan jika Anda ingin dilimpahkan rezeki dan nikmatnya serta agar mendapatkan banyak kemudahan dari urusan yang sedang dikerjakan.

Adapun perintahnya sudah sangat jelas dalam Qur’an Surah Al Ahzab ayat 56 sebagai berikut:

Innallaha wa malaa ikatahu yusalluuna ‘alaannabiiy, ya ayyuhallaziina aamanuu salluu ‘alahi wa sallimu tasliimaa.

Artinya adalah;

“Sesungguhnya Allah SWT serta para malaikat Allah melakukan shalawat kepada Nabi SAW. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu kepada Nabi dan ucapkanlah salam untuk Rasul SAW dengan penuh penghormatan kepadanya”. 

Firman Allah SWT yang terdapat di dalam surah Al Ahzab harus dilaksanakan oleh seluruh umat Islam tanpa terkecuali.

Jika Anda mengerjakan perintah tersebut dan diniatkan untuk mendapatkan ibadah, maka Allah SWT akan memberikan banyak sekali nikmat dan karunia-Nya kepada setiap makhluk yang taat.

Bacaan Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW

Jika Anda ingin menerapkan membaca shalawat Nabi setiap hari, maka bisa dengan membaca Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa’ala ali Muhammad sebanyak kali.

Telah dijelaskan di dalam suatu hadis yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id al-Khudri; ketika ia sedang bertanya “Wahai Rasulullah, kami telah tahu cara menyampaikan salam kepadamu, akan tetapi bagaimana dengan bershalawat padamu?”

Rasulullah SAW pun menjelaskan bahwa umatnya bisa membaca shalawat Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa’ala ali Muhammad.

Arti dari shalawat ini ialah “Ya Allah berikanlah rahmat kepada Baginda Besar Nabi Muhammad SAW serta keluarganya”.

Tentu bacaan shalawat ini sangat pendek sekali bukan? Anda bisa langsung menghafalnya lalu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Ketika Rajin Membaca Shalawat Nabi

Tentu akan mendapatkan ganjaran bagi Anda yang rajin membaca shalawat Nabi. Adapun manfaatnya yang pertama adalah; selalu dimudahkan dalam urusan rezeki.

Rezeki yang diberikan Allah SWT tidak hanya berupa harta saja, melainkan seperti kesehatan, panjang umur, memiliki tubuh yang lengkap dan lain sebagainya.

Manfaat kedua yakni menambah kedekatan diri dengan Sang Maha Pencipta.  Tentu setiap orang memiliki banyak sekali persoalan di dalam hidupnya.

Cara yang tepat agar Allah SWT selalu membantu Anda dalam kemudahan adalah mendekatkan diri dengan-Nya, yakni bisa dengan sering membaca shalawat nabi. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -