Menghemat Data Internet Agar Kuota Jadi Lebih Awet

Menghemat Data Internet
Ilustrasi menghemat data internet. Foto: Net/Ist

Menghemat data internet merupakan cara sederhana untuk memperkecil jumlah pengeluaran. Menghemat data menjadi hal penting, apalagi akses dunia maya menjadi kebutuhan pokok.

Apalagi pada masa-masa pandemi seperti ini, di mana kebanyakan orang melakukan pekerjaan di rumah dan lebih banyak secara virtual.

Meskipun di beberapa daerah pandemi sudah mulai menurun dengan adanya new normal, namun bukan berarti penggunaan data internet menjadi berkurang.

Hal ini tentunya akan menambah beban pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan data internet saat bekerja atau sekedar untuk menikmati dunia maya.

Nah, dengan menghemat tentunya dapat mengurangi beban pengeluaran dan dapat membuat kita lebih bijak dalam menggunakannya.

Cara Sederhana Menghemat Data Internet

Untuk menggunakan secara hemat sebenarnya tidak memerlukan cara yang terlalu rumit, berikut ini beberapa cara sederhana untuk melakukan hal itu.

1. Menghemat saat Browsing

Saat melakukan browsing terkadang kita tidak menyadari berapa data yang kita keluarkan, oleh karena itu seringkali pengeluaran data tidak terkontrol.

Sebenarnya Anda dapat menghematnya saat browsing, terdapat fitur yang bisa membantu untuk melakukan hal itu.

Salah satu fitur itu dimiliki oleh aplikasi browsing dari google yaitu chrome, di mana di dalamnya terdapat fitur chrome data server.

Baca juga: Cara Menghemat Kuota Paket Data Internet di Android

Mengaktifkannya juga begitu mudah, Anda hanya perlu membuka menu setting pada chrome, kemudian cari data saver dan mengaktifkannya di mana secara default fitur ini dimatikan.

2. Membatasi penggunaan data mobile

Pembatasan dalam penggunaan data mobile merupakan salah satu cara sederhana menghemat data interne tuntuk mengurangi pengeluaran Anda.

Setiap smartphone sudah dilengkapi dengan fitur ini, namun tidak sedikit pengguna yang kurang memperhatikan dan memanfaatkannya.

Padahal, untuk menggunakan fitur ini tidak ribet, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka menu setting android.

Pada menu setting terdapat pilihan Data Usage (penggunaan data) atau sejenisnya tergantung merek dari smartphone.

Namun semua fungsinya sama, yaitu untuk membatasi pengeluaran data mobile dan memberi peringatan saat pengeluaran data melebihi batas.

Setelah memilih data usage, terdapat opsi  untuk mengatur batas data mobile untuk memberi peringatan, biasanya menu tersebut diberi nama set data limit.

3. Mengatur opsi sinkronisasi

Sinkronisasi merupakan bagian penting dari kecanggihan smartphone, apalagi ketika pengguna sering memanfaatkan layanan cloud.

Dengan sinkronisasi pengguna dapat melakukan banyak hal seperti backup file atau pesan untuk mengurangi resiko kehilangan.

Namun, bagaimana jadinya ketika semua aplikasi yang ada pada ponsel melakukan sinkronisasi dan melakukan backup, tentunya akan menghabiskan banyak data internet.

Oleh karena itu, mengatur opsi sinkronisasi menjadi cara cukup sederhana untuk menghemat data internet tapi memiliki dampak yang signifikan, karena proses sinkronisasi dan backup benar-benar memerlukan banyak data.

Pengaturan ini juga ada pada setting ponsel sebagai bawaan yaitu pada menu account, pada menu tersebut Anda dapat memilih aplikasi yang tidak ingin disinkronisasi dengan menon-aktifkan sinkronisasinya.

4. Pembatasan penggunaan data background

Pembatasan ini biasa disebut juga restrict background data, yaitu pengaturan yang dapat mengurangi beban data pada aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Hal ini juga seringkali tidak disadari, terlebih saat pengguna membuka banyak aplikasi yang terhubung dengan internet sekaligus.

Padahal, meskipun aplikasi tersebut berjalan di belakang layar, Ia tetap menyedot data internet oleh karena itu pembatasan diperlukan.

Untuk menghemat data internet, Anda dapat mengatur melalui menu data usage seperti pada poin dua, karena menu restrict data juga terdapat di sana.

Baca juga: Begini Cara Ampuh Menghemat Kuota Data Internet di Smartphone

5. Update aplikasi dengan wifi

Fitur smartphone yang menunjang kecanggihannya satu lagi adalah fitur update otomatis, di mana pengguna tidak perlu ribet untuk melakukannya.

Namun, seringkali pengguna tidak menyadari dan tidak memperhatikan aplikasi apa dan berapa sering aplikasi tersebut melakukan update.

Jika tidak terkontrol tentu pengeluaran data internet juga tidak terkontrol dan akan menjadi semakin boros terlebih ketika update aplikasi dengan memori besar.

Anda dapat mengontrolnya dengan mengaktifkannya dengan fitur auto update apps over wifi only untuk menghemat kuota.

Dengan memilih menu setting, kemudian pilih opsi auto-update atau opsi apps dan aktifkan fitur tersebut.

Itulah 5 cara sederhana menghemat data internet yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi budget pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan internet. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...