Perikanan Miftahul Rohman Banjar, Apa Kampung Tangguh Lodaya Itu?

Miftahul Rohman Banjar
Salah satu penerima kategori kampung tangguh Lodaya adalah usaha perikanan, kolam bioflok milik Pesantren Miftahul Rohman Banjar. Foto: Aisyah/HR

Berita Banjar (Harapanrakyat.com),- Salah satu penerima kategori kampung tangguh Lodaya adalah usaha perikanan, kolam bioflok milik Pesantren Miftahul Rohman Banjar, di Dusun Sindangmulya, 3/10, Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari.

Undang Ahmad Mubarok, ketua Yayasan Miftahul Rohman Al Basyari mengaku tidak tahu apa itu kampung tangguh lodaya. Undang mengaku baru mengetahui, bahwa usaha miliknya termasuk dalam kategori kampung tangguh Lodaya dari akun Facebook Polres Banjar.

“Apa kampung tangguh Lodaya itu? Malah saya mengetahui bahwa perikanan pesantren dimasukan andalan kampung tangguh Lodaya desa Kujangsari dari facebook Polres Banjar,” katanya via pesan WhatsApp kepada HR, Minggu (12/7/2020).

Tak hanya itu, sebelum kunjungan Polres dan Walikota saat acara peresmian di awal Bulan Juli kemarin, Undang hanya diberi kabar ada kunjungan Walikota dan Kapolres dalam rangka ketahanan pangan saja ke Pesantren Miftahul Rohman Banjar.

Berbeda dengan KWT Mekarjaya yang diberi dana untuk pengembangan KWT nya,. Usaha perikanan tidak menerima bantuan untuk pengembangan kolam bioflok tersebut.

Baca Juga : KWT Mekarjaya Banjar Tak Tahu Soal Kampung Tangguh Lodaya

Diketahui,  dengan adanya usaha dari kolam bioflok, dapat membantu santri yang dalam kategori kurang mampu.

Kelebihan kolam bioflok, dapat mendaur ulang kotoran ikan menjadi sumber pangan bagi ikan dalam kolam. Dalam kolam bioflok air selalu mengalir menggunakan tenaga mesin.

Usaha perikanan dirintis oleh pesantren Miftahul Rohman Banjar dengan biaya mandiri tahun 2017. Pada tahun 2019, usaha mendapat bantuan dan dikunjungi langsung oleh Mentri Susi.  Kini, kolam bioflok tersebut di tanam ikan Nila dan Gurame.

“Sudah dua kali panen, kadang ikannya dijual untuk menambah biaya pesantren atau ikan di makan santri untuk lauk makan,” pungkasnya.

Kini yayasan Miftatul Rohman Al Basyari memiliki berbagai lembaga di dalamnya. Diantaranya Ponpes Miftahul Rohman Banjar, Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) Miftahul Rohman, Diniyah Takmiliyah Wustha (DTW) Miftahul Rohman,  SMP Miftahul Rohman dan Majelis Taklim. (Aisyah/R9/HR-Online)

Loading...