Misi Perseverance ke Mars Dengan Hal Menarik, Apa Saja?

Misi Perseverance ke Mars
Ilustrasi Misi Perseverance ke Mars. Foto Istimewa

Misi Perseverance ke Mars nampaknya akan dilakukan dalam waktu kurang dari sebulan. Misi ini akan dilakukan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA. Lokasi yang ditentukan berada di Cape Canaveral, Florida.

Misi ini dibekali dengan instrumen ilmiah dan kemampuan komputasi yang baru. Perseverance menjadi salah satu wahana penjelajah terbesar. Tidak hanya itu, Perseverance juga menjadi wahana terberat yang pernah dikirim ke Mars.

Kecanggihan teknologi juga telah dimiliki oleh Perseverance. Loro Glaze sebagai Direktur Sains Planet NASA mengungkapkan bahwa Perseverance memiliki batas maksimal baru. Hal ini menjadi pembaruan yang akan dilakukan pada pendekatan planet Mars.

Baca Juga: Gempa di Planet Mars Terdeteksi Ratusan Kali, Apa Penyebabnya?

Hal Menarik Misi Perseverance ke Mars

Misi ini akan menampilkan penelitian yang baru perihal planet Mars. Batas maksimal yang baru akan membuat pengamatan lebih dekat. Sehingga pertanyaan ilmiah seputar planet Merah nantinya akan terjawab.

Dilansir dari laman resmi NASA, disebutkan bahwa ada beberapa hal yang menarik. Tentunya hal ini berkaitan dengan misi Perseverance ke Mars yang akan segera meluncur, berikut penjelasannya.

1. Adanya Tantangan Masa Depan yang Membakar Semangat NASA

Perseverance bukanlah misi yang mudah. Bahkan misi ini terbilang begitu berat. Latar belakang planet Mars sendiri cukup berbahaya. Sehingga pendaratan yang dilakukan juga beresiko.

Pendaratan ini tidak hanya berkutat pada pengamatan saja, tetapi juga tujuan sains. Misi Perseverance ini nantinya akan mengeskplorasi mengenai kehidupan mikroba kuno di Mars. Selain itu, penelitian juga akan mencakup karakterisasi geologi dan iklim planet.

Misi Perseverance ke Mars nantinya juga mengumpulkan sampel batuan dan sedimen. Kemudian akan dieksplorasi lebih lanjut. Terdapat alasan mengapa pihak NASA menggunakan nama Perseverance.

Padahal terdapat 28.000 esai yang bisa diambil. Misi ini dikatakan sulit karena memiliki banyak tantangan. Seperti kondisi Bumi yang tengah diserang pandemi Coronavirus.

2. Berawal dari Pelajaran Generasi Penjelejah Mars Sebelumnya

Tahun 1997, Sojourner menjadi wahana pertama milik NASA yang mendarat di planet Merah. Dilanjutkan pada tahun 2004 dimana Spirit and Opportunity juga melakukan pendaratan. Kedua misi pendaratan ini memunculkan fakta yang menarik.

Mars disebutkan pernah menjadi planet yang memiliki air melimpah. Hingga akhirnya mengalami pembekuan secara menyeluruh. Lalu di tahun 2012 Curiosity juga melakukan pendaratan. Pendaratan ini membawa pulang sebuah penemuan.

Lokasi pendaratan berada di Gale Crater yang merupakan danau miliaran tahun lalu. Lingkungan ini merupakan tempat hidup bagi para mikroba. Misi Perseverance ke planet Merah semakin gigih dengan berdasar pada penjelajahan sebelumnya.

3. Pendaratan Dilakukan di Kawasan yang Memiliki Tanda Kehidupan Tinggi

Hal menarik selanjutnya dari misi ini adalah perihal pendaratan. Misi Perseverance ke Mars akan mendarat di kawasan dengan potensi kehidupan tinggi. Ken Farley menerangkan bahwa timnya telah melakukan banyak diskusi.

Hasilnya, Kawah Jezero menjadi lokasi dari pendaratan misi Perseverance nantinya. Kawasan ini disebutkan sebagai lokasi yang menjanjikan, lebarnya sekitar 28 mil. Kurang lebih 3 sampai 4 miliar tahun yang lalu ada sebuah sungai yang mengalirkan air.

Baca Juga: Air di Planet Mars Menghilang dan Menjadi Fokus Penelitian Ilmuwan

4. Tugas Pengumpulan Data Penting Mengenai Geologi dan Iklim Mars

Misi Perseverance ke Mars memang sangat menarik. Salah satu tugas yang akan dilakukan adalah pengumpulan data mengenai geologi dan iklim disana. Sebelumnya telah ada gambar yang dikumpulkan oleh pengorbit Mars.

Objek dari gambar tersebut adalah kawah Jezero dengan  jarak 322 kilometer.  Namun hal tersebut masih perlu dipastikan kembali dengan penelitian yang lebih dekat. Oleh karena itu, dibutuhkan pengumpulan data secara langsung kemudian dianalisis.

Kemudian akan dilakukan pemahaman kondisi iklim planet Mars di masa lalu. Dilanjutkan dengan analisa sejarah geologi yang ada di bebatuan. Hal ini dapat dijadikan pertimbangan mengapa Bumi dan Mars dan berbeda.

5. Penjelajahan dengan Membawa Banyak Orang di Bumi

Misi Perseverance ini sangat menarik karena diperkirakan akan membawa banyak orang. Dikutip dari Mars Nasa Goverment, tercatat 11 juta orang telah mendaftar misi ini.

Sejumlah kamera telah disematkan pada Perseverance dan bagian lain di pesawat. Jumlahnya sekitar 23 kamera dan lebih banyak dari misi antarplanet sebelumnya.

Misi Perseverance ke Mars juga memiliki fitur yang dapat membantu para astronot. Seperti Mars Environmental Dynamics Analyzer atau MEDA. Fitur ini akan membantu memberikan informasi perihal cuaca, debu, dan iklim. (R10/HR Online)

Loading...