Model Teras Rumah Panjang Hadirkan Kesan Santai di Hunian Anda

Model Teras Rumah Panjang Hadirkan Kesan Santai di Hunian Anda
Model Teras Rumah Panjang. Foto Istimewa.

Model teras rumah panjang di dalam sebuah hunian bisa menjadi sebuah inspirasi yang menarik. Jangan anda menyepelekan kehadiran sebuah teras rumah.

Sebab, teras rumah kekinian dengan desain yang panjang bukan cuma bisa mempengaruhi tampilan fasad atau tampilan dari semua bagian rumah. 

Baca Juga: Teras Rumah Cantik Desain Hunian Kesayangan yang Viewable

Tetapi, teras tersebut juga bisa menghadirkan sebuah fungsi tambahan di dalam hunian anda. Dengan gaya desain yang semakin berkembang, bisa melahirkan berbagai teras rumah masa kini yang sangat bervariasi.

Bila saat ini anda sedang mencari inspirasi teras dengan model yang panjang, maka anda bisa menyimak berbagai macam inspirasi teras terbaik di sini.

Pilihan Ide Model Teras Rumah Panjang

Bagian teras rumah menjadi bagian ruang peralihan antara luar dan dalam rumah. Biasanya teras itu dinaungi dengan atap dan mempunyai satu atau dua dinding.

Ruangan ini seringkali digunakan sebagai ruang tunggu tamu. Bisa juga dipakai untuk menerima tamu, sebagai tempat bersantai, atau bahkan sebagai ruang makan.

Berbagai fungsi ini dipengaruhi dari letak teras tersebut. Sebab, teras dapat berada di bagian depan, samping, maupun di belakang rumah. Berikut adalah beberapa inspirasi model teras untuk anda.

Teras Atap Semi Terbuka

Ternyata teras semi tertutup dapat anda wujudkan dengan memakai atap bingkai kayu. Sementara itu, pada bagian atas diberi lapisan lagi supaya kotoran serta hujan tidak bisa masuk ke dalam rumah.

Bagian paling atas dapat diisi dengan kursi kayu atau sofa outdoor agar bisa menambah kesan yang lebih natural. Model teras rumah panjang ini bisa memberikan intensitas cahaya yang banyak. Mengingat bahwa atapnya dibuat menjadi model semi terbuka.

Semakin Teduh dengan Pergola

Bila anda menginginkan teras panjang dengan model masa kini, maka anda bisa mendapatkan hal itu dengan mudah. Anda bisa beraktivitas di bawah teras dengan nyaman. Anda bisa memanfaatkan sisa halaman depan rumah anda.

Caranya dengan menghadirkan teras rumah dengan pergola. Anda bisa mengkombinasikan teras rumah dengan berbagai tanaman merambat. Dengan begitu, anda bisa menghadirkan kesan yang nyaman dan lebih teduh.

Baca Juga: Teras Rumah Dengan Kanopi Agar Rumah Terlihat Lebih Menarik

Selain itu, anda juga bisa menghadirkan kursi teras serta meja dengan model yang senada. Sederhana, tetapi model teras rumah panjang seperti ini bisa menghadirkan ruang tambahan yang fungsional.

Teras Berpayung

Salah satu ide yang bisa anda pilih bila ingin memiliki teras khusus yaitu dengan meniru desain ini. Anda tak perlu repot membuat atap untuk teras anda.

Sebab, anda  bisa memilih penggunaan payung teras. Tetapi, anda harus memperhatikan seperti apa furniture yang tepat untuk itu. Hal ini dikarenakan model teras berpayung seperti ini akan membuat hunian rentan tampias air hujan.

Desain Teras Tertutup

Sebagai sebuah ruang peralihan, terasering dibuat dengan desain tertutup. Walaupun begitu, material yang dipakai bisa memberikan bukaan yang luas.

Model teras rumah panjang yang tertutup umumnya menggunakan panel kaca di bagian atap serta dindingnya. Supaya teras bisa terkesan lebih luas dan santai. Anda bisa menggunakan pintu geser kaca.

Kesan Industrial yang Santai dan Mengundang

Anda bisa saja berkreasi dengan menerapkan gaya industrial pada teras rumah. Anda bisa memanfaatkan berbagai material mentah seperti besi dan baja.

Ini bisa jadi cara untuk menghadirkan penampilan yang mengundang. Selain itu, kesan santai, modern, dan kekinian bisa hadir pada hunian anda.

Menciptakan model teras rumah panjang bisa dengan material besi dan baja. Selain itu, anda juga bisa mengkombinasikannya dengan kayu ekspos.

Kayu ini bisa diaplikasikan pada lantai dan kursi panjang yang menempel pada dinding. Jangan lupa bata ekspos dapat dipasang agar bisa menambah kesan industrial.

Hadirkan Teras dengan Kesan Natural

Desain teras yang satu ini cocok sekali diaplikasikan di bagian samping rumah. Akan lebih menarik bila didukung dengan model yang memanjang. Bagian atapnya dapat menggunakan kanopi kaca. Baik berupa kaca buram maupun kaca bening.

Selain itu, menampilkan model teras rumah panjang dengan kesan natural. Caranya bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai tanaman hias di sekitarnya. Sehingga kesan santai dan natural semakin kental. (R10/HR-Online)