New Suzuki ACross PHEV, SUV Berbasis Toyota Serupa Tapi Tak Sama

New Suzuki Across PHEV, SUV Berbasis Toyota Serupa Tapi Tak Sama
New Suzuki Across PHEV. Foto Istimewa

New Suzuki ACross PHEV diperkenalkan untuk pertama kalinya. SUV baru dari Suzuki ini rencananya akan diluncurkan beberapa bulan kedepan.

ACross menjadi salah satu model yang dirancang dengan basis Toyota RAV4 Prime PHEV. Ini merupakan hasil kerjasama dari kedua merk tersebut.

ACross sendiri merupakan salah satu SUV terbesar yang dimiliki oleh Suzuki. Jika dibandingkan, posisinya berada di atas Vitara.

Mobil ini memiliki dimensi yang mirip dengan RAV4 dengan panjang 4.635 mm, lebar 1.855 mm, serta tinggi 1.690 mm.

Mobil ini juga memiliki wheelbase 2.690 mm. Ukuran tubuh yang besar tersebut membuat ACross bisa memuat sebanyak 5 penumpang. Selain itu, juga memiliki kapasitas bagasi hingga 490 liter.

New Suzuki ACross PHEV Mirip Toyota RAV4

Suzuki ACross dan Toyota RAV4 menjadi wujud kerjasama global di dalam berbagi platform kendaraan dua pabrikan Jepang. Seperti yang dilansir dari laman Suzuki, tampilan ACross sendiri tidak sepenuhnya mirip dengan Toyota RAV4.

Mobil ini memiliki perbedaan, khususnya di bagian muka. Berupa grill ACross yang lebih besar dibandingkan dari saudaranya tersebut. Bagian interiornya pun berbeda.

Baca juga: Suzuki Swift Facelift 2020 Kini Hadir dengan Tampilan Eksterior Elegan

Sebab kedua perusahaan akan berusaha untuk mempertahankan karakter dari merk mereka masing-masing.

Suzuki ACross menjadi model tertinggi yang pernah dihadirkan oleh Suzuki. Bahkan model ini juga sekaligus mengusung konsep teknologi plug in hybrid.

Eksterior Suzuki ACross

Seperti yang disinggung sebelumnya, New Suzuki ACross PHEV bukan hanya sekedar ganti emblem. Tetapi juga memiliki berbagai pembeda dari RAV4, baik pada bagian eksterior maupun interior.

Pada sisi eksteriornya jika melihat facianya yang lebih montok dilengkapi lampu LED yang lebih ramping. Disini terdapat permainan LED DRL yang unik.

Didukung dengan grill radiator hexagonal besar yang tampilannya terstruktur. Sedangkan milik RAV4 kisi-kisinya cenderung kecil. Kurang menyiratkan kesan yang gagah.

Lalu perbedaan lain juga bisa dilihat dari sosok ACross yang berdiri di atas pelek two tone 19 inci. Corak tersebut sekilas memang mirip dengan Mitsubishi Xpander Cross yang sudah dijual di Indonesia. Namun itu tidak menjadi problem yang berarti.

Baca juga: Suzuki Baleno Cross, Hadir dengan Tampilan SUV Terbarunya

Masih soal tampilan luar New Suzuki ACross PHEV. Sisi samping dan buritan masih identik dengan RAV4. Bentuk stop lamp klop lengkap dengan LED melintang ke bagian bawah.

Konstruksi pilar-pilar, body dari siluet sampingnya sangat khas dengan karakter besutan Toyota. Spoiler buritan juga mencuat, menambah estetika serta harmoni dari SUV terbaru Suzuki ini.

Mesin Plug-In Hybrid

Dibalik kap ACross tertanam teknologi powertrain plug in hybrid. Teknologi ini diklaim bisa memberikan akselerasi yang mulus. Menghemat bahan bakar dengan emisi CO2 hanya 22 g per km.

Unit terbaru dari Suzuki ini menggunakan motor listrik kuat pada bagian depannya. Dipadukan dengan mechanical pacu bensin 2,5 liter.

Total keluaran maksimum New Suzuki ACross PHEV sebesar 134 kw atau 179 hp serta torsi 270Nm. Dinamo bagian depan mobil ini bisa menyedot energi dari baterai lithium-ion dengan kapasitas tinggi 18,1 kwh. Atau 50,9 Ah yang terpasang di bagian bawah lantai.

Fitur Canggih yang Dimiliki

ACross dengan varian standar telah dilengkapi dengan layar sentuh dan navigasi 9 inci. Didukung dengan teknologi Apple CarPlay serta Android Auto.

Agar bisa menyalurkan daya, mobil ini menggunakan sistem gerak E-Four 4×4 yang canggih. Inti dari sistem e-Four ini merupakan AWD Integrated Management atau AIM.

Teknologi ini dinilai memiliki sofistikasi yang tinggi. Bukan hanya bisa mengatur distribusi tenaga gerak, namun juga bisa mengontrol engine.

Selain itu, juga bantuan pengereman, pola perpindahan transmisi, serta elektrik power steering atau EPS sesuai kebutuhan. 

New Suzuki ACross PHEV juga memiliki fitur keamanan yang cukup lengkap. Ini didukung dengan sejumlah perangkat bantuan. Seperti Lane Tracing Assist, Pre-Collision System, dan Dynamic Radar Cruise Control untuk standarnya.

Termasuk fitur keamanan berupa Road Sign Assist (RSA). Peringatan Lalu Lintas Belakang (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM).

Ini merupakan salah satu langkah dagang joint venture dari kedua perusahaan otomotif tersebut. Ada sedikit diferensiasi produk untuk menyasar segmen yang berbeda.

SUV ini akan hadir dalam 6 pilihan warna yang menarik. Seperti hitam, putih, silver, abu-abu, merah, dan biru.

Pihak Suzuki mengatakan bahwa model pertama New Suzuki ACross PHEV ini akan distribusikan pada konsumen di Eropa akhir kuartal ketiga 2020. (R10/HR-Online)

Loading...