Niat Shalat Dhuha untuk Meminta Rezeki

Niat Shalat Dhuha untuk Meminta Rezeki

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com).- Shalat dhuha merupakan ibadah sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam.

Shalat dhuha biasanya bermanfaat untuk menambahkan rezeki berupa sehat, panjang umur, kelebihan harta, mendapatkan pekerjaan layak, bisa bernafas di hari esok dan lain sebagainya.

Untuk bisa mengerjakannya, terlebih dahulu Anda harus tahu niat shalat dhuha.

Bacaan Niat Shalat Dhuha dan Artinya

Membaca niat merupakan salah satu rukun di dalam shalat. Berbicara tentang rukun berarti adalah hal yang wajib dilakukan ketika sedang shalat.

Adapun niat sebelum mengerjakan shalat dhuha yakni Usholli sunnatadhuhaa rok’atayni lillahi ta’ala. Artinya adalah saya berniat shalat sunnah dhuha dua rakaat karena Allah Yang Maha Tinggi.

Waktu untuk Mengerjakan Shalat Sunnah Dhuha

Setelah mengetahui niat shalat dhuha, hal selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah waktu untuk pelaksanaannya.

Dhuha itu berarti waktu matahari naik sepenggalan. Artinya shalat sunnah ini bisa dilakukan pada jam-jam tertentu.

Adapun waktu yang tepat adalah dari jam 8 pagi sampai dengan pukul 11 siang. Diantara rentangan waktu tersebut, Anda bisa memilihnya kapan saja.

Tata Cara Pelaksanaan Shalat Sunnah Dhuha

Adapun untuk tata cara pelaksanaan shalat sunnah dhuha ialah setelah membaca niat, gerakannya sama dengan shalat yang lainnya.

Untuk jumlah rakaat pada shalat dhuha sebanyak dua kali. Jumlah rakaat yang bisa Anda kerjakan adalah minimal sebanyak dua, maksimal tidak ada batasannya.

Jadi jika ingin shalat sunnah dhuha lebih dari itu, maka dijeda dengan dua rakaat salam. Setelah mengerjakan shalat, Anda bisa berdzikir dan memanjatkan doa.

Adapun tata cara berdoa usai shalat dhuha adalah memuji Allah, membaca istighfar lalu dilanjut dengan shalawat Nabi lalu membacakan maksud atau harapan Anda.

Dalam berdoa, Anda harus dalam keadaan suci, memfokuskan pikiran dan hati kepada Allah,  menghadap kiblat, mengulanginya sampai tiga kali lalu diakhiri shalawat.

Alangkah lebih baik apabila Anda mengerjakan shalat dhuha rutin. Misalnya hari ini Anda mengerjakan 4 rakaat, maka di waktu berikutnya lakukanlah hal yang sama.

Jika Anda belum terbiasa mengerjakan shalat dengan jumlah rakaat yang banyak, maka bisa dimulai dengan dua rakaat terlebih dahulu, lama kelamaan akan menjadi terbiasa. Seperti pepatah kita bisa karena biasa.

Manfaat Jika Rutin Shalat Sunnah Dhuha

Setelah membaca niat shalat dhuha dan melaksanakannya, Anda akan mendapatkan banyak manfaat setelah itu.

Adapun manfaat yang pertama adalah segala macam urusan Anda akan dimudahkan oleh Allah SWT.

Anda memang harus selalu menggantungkan segala sesuatunya kepada Yang Maha Kuasa. Adapun manfaat kedua ialah memperbanyak rezeki dan memperpanjang umur.

Adapun manfaat selanjutnya adalah wajah Anda akan lebih terlihat bersinar. Manfaat selanjutnya adalah mengerjakan shalat dhuha sama dengan melakukan sedekah di jalan Allah. Manfaat terakhir ialah dosa-dosa Anda diampuni oleh Allah SWT. (Deni/R4/HR-Online)