Nissan Ariya 2020, Crossover Listrik Sporty yang Siap Meluncur

Nissan Ariya 2020, Crossover Listrik Sporty yang Siap Meluncur
Ilustrasi nissan ariya 2020. Foto: Istimewa

Nissan Ariya 2020 merupakan salah satu crossover listrik revolusioner. Mobil ini akan menggelar debutnya lewat peluncuran daring Nissan Pavilion pada 15 Juli 2020.

Peluncuran yang dijanjikan Nissan bernuansa digital. Dengan demikian, publik dapat menyaksikan seperti apa simulasi teknologi mobil otonom Nissan ini.

Nissan menghadirkan mobilitas yang sangat menantang imajinasi. Dalam rangka merayakan crossover listrik Nissan Ariya revolusioner, maka diciptakanlah ruang virtual untuk koneksi, penemuan, dan permainan.

Sebenarnya Nissan telah diperkenalkan secara konsep pada Tokyo Motor Show yang ke-45 pada Oktober 2019 lalu. Mobil bertenaga listrik ini menggunakan teknologi All Wheel Drive. SUV listrik yang memiliki desain ramping ini akan menggambarkan awal mula arah desain Nissan yang baru.

Seperti Ini Penampakan Nissan Ariya 2020

Desain eksterior yang dibawa oleh Nissan Ariya cukup menonjol. Hal ini terlihat pada fender bagian depan yang ramping dan lebar.

Selain itu, juga dibekali dengan lampu LED yang memiliki bentuk super tipis. Dilengkapi pula dengan penampang depan.

Penampang ini menggantikan grill tradisional. Ada juga tambahan hiasan emblem Nissan yang menyala terang.

Crossover Nissan Ariya ini dirancang dengan dasar badan SUV tradisional Nissan yang telah digabungkan menggunakan konsep Intelligent Mobility Nissan. Visi diciptakannya mobil ini adalah untuk masa depan kendaraan pribadi.

Nissan Ariya 2020 diciptakan untuk mengurangi emisi dan juga resiko kecelakaan lewat elektrifikasi serta kecerdasan kendaraan yang adaptif.

Mobil listrik baru dari Nissan ini hadir dengan teknologi gabungan dari kendaraan listrik canggih. Digabungkan dengan tingkat konektivitas dari sebuah antarmuka mesin yang halus.

Dengan demikian, crossover listrik canggih ini bisa memberikan pengalaman baru saat berkendara bagi pengemudi.

Wajah V-Motion Shape Khas Nissan

Meskipun sampai saat ini data teknis Nissan Ariya ini belum ada, akan tetapi wajah crossover listrik ini tetap berupa V-Motion Shape yang khas dari Nissan.

Sementara itu, untuk bagian jantung mekanismenya berasal dari dua buah motor listrik. Motor listrik ini telah dipasangkan pada poros roda bagian depan dan juga belakang.

Itu artinya, Nissan Ariya 2020 akan menggunakan sistem AWD. Maka dari itu, mobil ini disebut sebagai Nissan e-4orce. Selanjutnya untuk motor listrik yang digunakan juga serupa dengan milik Nissan Leaf.

Sistem penggerak roda yang dimiliki juga mengadopsi teknologi canggih. Menggunakan kode ATTESA E-TS milik GT-R. Dengan demikian, bisa membagi torsi sesuai dengan porsi dan kebutuhan di empat rodanya.

Daya Tempuh

Agar bisa meningkatkan center of gravity pada mobil ini, maka baterai listrik yang ada ditempatkan di bagian bawah lantai mobil.

Meski demikian, sampai saat ini belum diketahui secara pasti berapa kapasitas listriknya. Pastinya daya baterai yang disematkan menjanjikan daya tempuh 48 km.

Selain itu, pengisian baterai dari nol hingga 80% hanya membutuhkan waktu selama 45 menit saja. Walaupun demikian, tenaga Nissan Ariya 2020 ini cukup baik.

Mobil listrik dari Nissan ini memiliki tenaga mencapai 302 dk. Selanjutnya, torsi maksimum yang dimiliki hingga 680 Nm.

Itu artinya terdapat peningkatan performa pada mobil crossover listrik ini. Peningkatannya pun tidak main-main. Terjadi peningkatan performa hampir dua kali lipat dari Nissan Leaf.

Fitur yang Dibawa

Dengan berbagai macam keunggulan yang dimiliki oleh Nissan Ariya ini, banyak orang yang mengira bahwa Ariya akan berada di posisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan Leaf.

Sehingga tak heran bila mobil ini sudah dilengkapi dengan sistem Propilot terbaru. Selain itu, ada pula sistem navigasi yang sudah terkoneksi dengan smartphone. Fitur canggih tersebut disematkan pada Nissan Ariya 2020.

Harga

SUV ini diklaim bisa mengatur laju kendaraan satu jalur jalan raya secara otomatis. Ini berkat adanya fitur Propilot 2.0. Fitur tersebut akan memberikan kemudahan mobil ini dalam mengatur laju saat berada di jalanan.

Mobil Nissan Ariya ini memiliki kinerja yang tinggi. Selain itu, sistem penggerak listrik 100% menjadi pelengkapnya.

Ariya juga telah memberikan tenaga seimbang yang bisa diprediksi ke bagian empat rodanya. Adanya teknologi ini akan menciptakan kenyamanan bagi anda yang mengendarainya.

Nissan Ariya 2020 ini kabarnya akan meluncur sebentar lagi dengan kisaran harga 592 sampai 658 juta. Bila penasaran, kita tunggu saja crossover listrik ini muncul di hadapan kita. (R10/HR-Online)

Loading...