Obat Herbal Islami Anjuran Rasulullah SAW Sesuai Al-Qur’an dan Hadis

Obat herbal Islami yang dianjurkan Rasulullah SAW sesuai Al-Qur’an dan hadis. Foto : Ilustrasi/Net.
Obat herbal Islami yang dianjurkan Rasulullah SAW sesuai Al-Qur’an dan hadis. Foto : Ilustrasi/Net.

Obat herbal Islami yang dianjurkan Rasulullah SAW sesuai Al-Qur’an dan hadis untuk mengobati beragam jenis penyakit. Mungkin beberapa di antaranya sudah Anda kenali, seperti kurma, madu, serta minyak zaitun.

Namun, masih banyak lagi obat herbal yang Islami selain beberapa jenis tersebut di atas. Pada intinya, semua obat herbal itu memiliki manfaat bagi kesehatan, dan sama baiknya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini jenis-jenis obat herbal yang dianjurkan Rasulullah SAW sesuai yang ada dalam Al-Qur’an dan Al Hadis.

Obat Herbal Islami Anjuran Rasulullah SAW

Kurma

Kurma merupakan salah satu makanan kesukaan Rasulullah SAW yang dianjurkan untuk menu berbuka puasa. Salah satu ayat dalam Al-Qur’an, yaitu QS Maryam ayat 25 sampai 26, serta hadis riwayat Ahmad dan Tirmidzi.

Bukan hanya sebagai camilan enak, kurma juga banyak manfaatnya. Karena itulah kurma dijadikan sebagai bahan obat atau makanan.

Diketahui ada banyak manfaat yang bisa didapat dari buah kurma sebagai obat herbal yang dianjurkan Rasulullah SAW. Di antaranya untuk mengobati darah tinggi, mencegah stroke, hingga infeksi.

Madu

Obat herbal Islami berikutnya adalah madu. Dalam Al-Qur’an banyak ayat membahas mengenai manfaat dan keunggulan madu bagi kesehatan.

Manfaat tersebut salah satunya terdapat dalam QS (Qur’an Surat) An Nahl ayat 68 sampai 69, dan Al-Qur’an ayat 15 Surat Muhammad.

Sedangkan, hadis yang membahas mengenai manfaat madu diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Bukhari, Ibnu Majah serta Ibnu Hakim.

Sama halnya seperti kurma, obat herbal yang satu ini juga punya banyak manfaat bagi kesehatan, baik untuk penyakit ringan maupun berat.

Jintan (Lada hitam)

Jintan atau lada hitam juga termasuk obat herbal Islami. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah tentang sabda Rasulullah SAW, mengenai tanaman jintan sebagai obat herbal yang Islami.

Bahwa, sesungguhnya dalam habbatussauda terdapat penyembuh berbagai macam penyakit, kecuali kematian.

Beberapa manfaat yang bisa didapat dari jintan di antaranya untuk menjaga sistem imun (kekebalan) tubuh, menetralisir racun dan meningkatkan daya ingat. Serta sebagai nutrisi buat ibu hamil dan juga bayinya.

Baca Juga : Tanaman Herbal Sehat Ini Bisa Hidup Di Dalam Ruangan

Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga merupakan salah satu obat herbal Islami yang direkomendasikan oleh Rasulullah SAW. Tentunya yang sesuai dalam Al-Qur’an.

Penjelasan mengenai minyak zaitun ada dalam banyak surat, salah satunya dalam Qur’an Surat At Tin dari ayat 1 sampai 3. Kemudian, QS An Nur di ayat 35, dan ayat 20 QS Al Mu’minun.

Minyak zaitun mengandung banyak vitamin A, B, dan vitamin C, serta  beberapa gizi positif lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, minyak zaitun juga bermanfaat untuk memberantas kolesterol, mengurangi peradangan pada sendi, hingga untuk mengobati beragam jenis penyakit kanker.

Lidah Buaya

Selama ini tanaman lidah buaya sebagai obat herbat Islami dikenal dengan beragam manfaat untuk kecantikan dan juga kesehatan.

Bahkan, sudah banyak penelitian yang berhasil membuktikan manfaat dari tanaman lidah buaya. Anjuran penggunaan obat herbal yang satu ini salah satunya diulas HR Muslim dari Utsman Bin Affan.

Delima

Buah delima menjadi salah satu obat herbal Islami yang dibahas dalam Al-Qur’an, yakni QS Al An’am ayat 99, serta Ar-Rahman ayat 68.

Buah delima dikenal punya kandungan antioksidan tinggi. Manfaat dari kandungan tersebut untuk menyehatan tulang, menjaga aliran darah menuju jantung, dan menurunkan kolesterol.

Meski buah delima kurang digemari, tetapi khasiat yang dimemiliki buah ini sangat banyak dan jangan disepelekan.

Anggur

Buah anggur juga termasuk obat herbal Islami yang dibahas dalam Al-Qur’an, di antaranya QS Al Kahfi di ayat 32, QS Al Israa pada ayat 91, serta QS An Nahl di ayat 11.

Beragam manfaat anggur bagi kesehatan sudah dikenal banyak orang. Sama halnya seperti obat herbal lain, buah anggur juga bisa menjadi obat yang mujarab. Baik untuk mengobati penyakit ringan maupun sangat berat.

Labu

Dalam hadis Rasulullah SAW menjelaskan mengenai khasiat dan manfaat labu, bahwa Sesungguhnya labu dapat mengobati hati yang sedih.” Tentunya ucapan Nabi Muhammad SAW itu benar adanya.

Bahkan, dalam sains juga telah membuktikan banyaknya manfaat dari labu bagi kesehatan tubuh dan terbukti sangat mujarab.

Terlebih labu kaya akan kandungan nutrisi penting, mulai vitamin A, vitamin C, lemak, karbohidrat, serat, betakaroten, hingga mineral.

Semangka

Terakhir adalah buah semangka yang masuk sebagai obat herbal Islami. Manfaat semangka disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW, yang diriwayatkan oleh Tirmidzi 1843, dan dishahihkan Imam Al-Albani.

Hadis ini menyebutkan bahwa, “Sesungguhanya Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam memakan buah semangka dengan buah kurma.”

Tentunya apa yang dianjurkan Rasulullah SAW dan dikonsumsinya sudah dipastikan sehat, baik, serta bermanfaat. (Eva/R3/HR-Online)