Obligasi Pemerintah ORI017 Ditawarkan Terbatas, Buruan Daftar!

Obligasi Pemerintah ORI017
Obligasi Pemerintah ORI017. Foto: istimewa

Obligasi pemerintah ORI017 saat ini sedang ditawarkan kepada publik. Penawaran obligasi pemerintah ini telah dilakukan sejak tanggal 15 Juni dan akan berakhir pada 9 Juli 2020 mendatang. Berminat? Buruan daftar!

Seperti diketahui, ada banyak jenis investasi yang telah dikenal secara luas. Mulai dari jenis tabungan deposito, investasi emas, reksa dana, saham, hingga obligasi.

Menanamkan investasi pada beragam jenis akan lebih aman bagi para pemilik dana. Selan untuk menekan tingginya risiko, juga agar pendapatan yang diperoleh bisa berasal dari banyak sumber.

Obligasi merupakan jenis investasi yang ditawarkan di pasar saham, seperti halnya saham dan reksa dana. Obligasi ini ada dua jenis, yaitu yang ditawarkan oleh pemerintah seperti obligasi pemerintah ORI017 dan oleh korporasi atau perusahaan swasta.

Meskipun nilai keuntungan yang ditawarkan pada investasi saham, reksa dana, ataupun obligasi cukup tinggi, namun tingkat risikonya juga tidak kecil. Utamanya risiko gagal bayar jika perusahaan mengalami pailit alias bangkrut.

Penawaran Obligasi Pemerintah ORI017

ORI merupakan surat utang yang diterbitkan dan ditawarkan oleh pemerintah kepada masyarakat luas. Ada jenis Surat Berharga Negara (SBN) lainnya yang juga diterbitkan pemerintah, seperti Sukuk Tabungan (ST) atau Savings Bond Ritel (SBR).

Baca juga: Libatkan Perusahaan Perbankan Lain, Bank Bjb Tandatangani Kerjasama Obligasi

Tujuan utama diterbitkannya, termasuk untuk jenis obligasi pemerintah ORI017 adalah untuk membiayai pembangunan nasional. Dibandingkan menambah hutang luar negeri, penerbitan obligasi lebih menguntungkan.

Dalam obligasi ini akan tercantum nominal, jangka waktu, dan jumlah kupon atau tingkat bunga. Selain faktor bunga, capital gain dari obligasi ini juga menjadi daya tarik karena dapat diperjualbelikan di pasar sekunder.

Saat ini pemerintah melalui Kementerian Keuangan tengah menawarkan obligasi pemerintah ORI017. Penawaran dilakukan melalui laman resmi Kementerian Keuangan di www.kemenkeu.go.id/ori.

Penawaran ORI dengan seri 017 atau ORI17 sangat terbatas waktunya, yaitu hanya kurang dari sebulan, yaitu dari tanggal 15 Juni hingga 9 Juli 2020. ORI017 ditawarkan ke individu dan pembeliannya hanya dilakukan secara online.

Untuk pembelian obligasi minimum adalah Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar. Tingkat kupon atau bunga bersifat tetap (fixed rate) sebesar 6,40 persen pertahun. Pembayaran kupon dilakukan setiap bulan tanggal 15.

Jatuh tempo atau waktu tenor adalah 3 tahun sampai 15 Juli 2023. Penetapan hasil penjualan obligasi pemerintah ORI017 akan diumumkan 15 Juli 2020. Sedangkan pembayaran kupon pertama dilakukan pada 15 Agustus 2020.

Ada banyak keuntungan berinvestasi dengan ORI dibandingkan jenis investasi lainnya. Antara lain karena dijamin oleh Undang-Undang sehingga risiko gagal bayar seperti yang terdapat pada obligasi lain tak akan terjadi.

Dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank saat ini, tingkat kupon atau bunga yang ditawarkan ORI017 juga lebih tinggi. Apalagi kupon bersifat tetap atau fixed rate sampai jatuh tempo yang ditetapkan.

Obligasi pemerintah ORI017 juga menawarkan capital gain yang menarik. Hal ini karena obligasi ini bisa diperdagangkan atau perjualbelikan di Bursa Efek Indonesia atau pasar sekunder lainnya. ORI017 juga dapat diperdagangkan di organized OTC.

Baca juga: Yuk Bermain Saham Online Gratis Sebelum Trading Saham Sungguhan

Yang tak kalah menarik, ORI017 juga bisa dijadikan jaminan atau agunan ke perbankan atau lembaga pembiayaan lain. Apalagi ada banyak perbankan dan lembaga sekuritas yang ditunjuk sebagai Mitra Distribusi ORI ini.

Cara Membeli Obligasi Pemerintah ORI017

Untuk Anda yang berminat, bisa ikut memesan atau membeli obligasi pemerintah ORI017 ini melalui berbagai lembaga yang ditunjuk sebagai Mitra Distribusi. Seperti BNI, BRI, BTN, Bank Mandiri, BCA, Danareksa Sekuritas, dan lainnya.

Untuk bisa memesan obligasi ORI017 Anda diharuskan mendaftar terlebih dahulu. Berikut ini tahapan cara mendaftar untuk bisa memesan ORI017.

Registrasi

Untuk melakukan registrasi atau pendaftaran Anda bisa mengunjungi laman Kementerian Keuangan di kemenkeu.go.id/ori. Di sana terdapat link langsung ke berbagi lembaga Mitra Distribusi.

Pendaftaran penting untuk mendapatkan nomor SID (Single Investor Identification), nomor Rekening Dana, ataupun nomor Rekening Surat Berharga.

Tahap Pemesanan

Sesudah terdaftar, pemesanan obligasi pemerintah ORI017 dilakukan melalui Mitra Distribusi. Pemesanan dibatasi waktunya dari 15 Juni sampai 9 Juli 2020. Jumlah pemesanan minimum adalah 1 juta dan maksimal 3 miliar.

Tahap Pembayaran

Setelah pemesanan ORI Anda terverifikasi, Anda akan mendapatkan kode pembayaran (billing code) yang dikirimkan via SM atau email. Kode ini digunakan untuk membayar obligasi.

Tahap Konfirmasi

Jika pembayaran telah dilakukan, Anda akan memperoleh Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN). Setelah itu Anda bisa meminta Bukti Konfirmasi Kepemilikan obligasi pemerintah ORI017 secara syah. (R11/HR-Online)

Loading...