Aksi Debus Padepokan Pencak Silat Sukapura Tasikmalaya di Acara TNI

Padepokan Pencak Silat Sukapura Tasikmalaya
Aksi debus dari Padepokan Pencak Silat Sukapura dihadapan TNI. Foto : Apip/HR

Berita Tasikmalaya (Harapanrakyat.com),- Kodim 0612 Tasikmalaya menggelar kegiatan komsos kreatif Triwulan II tahun 2020. Tujuannya untuk membentuk sumber daya manusia  (SDM) yang kreatif, inovatif, dan adiktif. Acara ini dimeriahkan aksi debus dari Padepokan Pencak Silat Sukapura Tasikmalaya.

Selain debus, berbagai pertunjukan lainnya ditampilkan seperti bela diri ibing pencak silat dan lais. Kegiatan ini digelar di  Gedung Juang 45, Taman Makam Pahlawan Tasikmalaya, Sabtu (11/7/2020).

Pelatih Padepokan Pencak Silat Sukapura A Dede Dewan mengaku bangga bisa memeriahkan acara kegiatan komsos kreatif ini. Ia bahagia bisa tampil menunjukan keterampilannya dihadapan para anggota TNI.

“Tentunya saya merasa bangga bisa tampil di depan pak Dandim, dan anggota TNI. Padepokan Sukapura bisa ikut memeriahkan kegiatan ini. Selain debus, ditampilakan juga ibing silat dari usia dini, praremaja hingga remaja,” ungkapnya.

Dede berharap kegiatan seni bela diri ini bisa mendapat wadah untuk tampil. Berbagai instansi pemerintahan dan lainnya bisa menggelar even dengan mengundang padepokan pencak silat di Tasikmalaya. Khususnya Padepokan Pencak Silat Sukapura Tasikmalaya. Sehingga pencak silat bisa berkembang di tasikmalaya.

“Pencak silat ini salah satu aset budaya sunda yang harus kita lestarikan. Jadi perlu ada perhatian dan diakomodir disetiap kegiatan. Dan insya’allah kata pak dandim ke depannya akan mengadakan kegiatan rutin ibing pencak silat ini sekaligus mempererat tali silaturahmi,” pungkasnya. (Apip/R9/HR-Online)