Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita TasikmalayaPangdam Siliwangi Kunjungi Tasikmalaya, Tinjau Lokasi Sawah Bios 44

Pangdam Siliwangi Kunjungi Tasikmalaya, Tinjau Lokasi Sawah Bios 44

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),– Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengunjungi Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (21/7/2020).

Kedatangan Pangdam III/Siliwangi ini untuk meninjau lokasi sawah yang menggunakan pupuk Bios 44 di Pondok Pesantren Riyadul Huda Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya dan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis.

Nugroho mengatakan, saat ini pemerintah sedang giat melaksanakan program ketahanan pangan. Karena itu TNI berusaha mewujudkan program cetak sawah dengan bantuan pupuk Bios 44.

“Dengan program BIOS 44 ini, terlihat hamparan sawah yang luas, sehingga membangkitkan animo warga untuk kembali mengelola sawahnya, terbukti dengan banyaknya lahan yang telah digarap dan menghasilkan,” katanya.

Pangdam Siliwangi tersebut juga menjelaskan manfaat dari pupuk Bios 44. Salah satunya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian, perikanan, perkebunan, dan peternakan. Bios 44 juga disebut-sebut mampu menetralisir limbah hingga menyuburkan bekas lahan pertambangan.

“BIOS 44 ini juga merupakan hasil inovatif TNI untuk negeri,” katanya.

Menurutnya, ketahanan pangan di wilayah Priangan Timur saat ini sudah cukup baik. Hal tersebut harus dipertahankan bahkan ditingkatkan.

“Pasalnya, pandemi Covid-19 ini tidak pernah thau kapan akan berakhir. Untuk itu, ketahanan pangan ini harus ditingkatkan agar rakyat kita tetap bisa makan dengan baik. Selain itu, kita juga akan melihat ketahanan pangan seperti padi, perikanan, perkebunan, dan lain sebagainya di sekitar wilayah Priangan Timur,” katanya.

Nugroho berpesan, di tengah pandemi seperti ini, ketahanan pangan harus ditingkatkan. Jika ketahan pangan sudah baik dan kuat, maka akan pengeluaran akan lebih sedikit.

“Sehingga ke depannya bisa menyejahterakan keluarga, masyarakat, termasuk para prajurit,” ucapnya

Pangdam III/Siliwangi ini juga menyempatkan berkunjung ke Makodim 0612/Tasikmalaya. “Kunjungan kerja ini untuk melihat dari dekat dan secara langsung semangatnya prajurit-prajurit di Makodim 0612/Tasikmalaya sebagai garda terdepan dan juga sebagai mata dan telinga kita,” katanya.

Pada akhir kunjungannya, Nugroho menyerahkan bibit tanaman secara simbolis kepada masyarakat untuk dimanfaatkan warga. (Apip/R7/HR-Online)

- Advertisment -