Selasa, Januari 18, 2022
BerandaBerita CiamisPascasarjana Unigal dan KPUD Ciamis Tandatangani MoA

Pascasarjana Unigal dan KPUD Ciamis Tandatangani MoA

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com).- Pascasarjana Unigal (Universitas Galuh dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis, menandatangani Perjanjian Kerjasama (MoA), Kamis (23/07/2020).

Perjanjian kerjasama kedua lembaga tersebut berkaitan dengan proses dan pengembangan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Rektor Unigal, Dr. H. Yat Rospia Brata, M.Si., kepada HR Online, Kamis (23/07/2020), membenarkan perjanjian kerjasama antara Pascasarjana Unigal dengan KPU Ciamis.

Yat menjelaskan, kerjasama dengan berbagai pihak atau lembaga bukanlah hal yang baru. Karenanya, Unigal dituntut melakukan kerjasama dengan berbagai pihak.

“Sifatnya, baik akademik ataupun non akademik, baik di dalam atau di luar negeri. Dan hari ini, (kerjasama) dengan KPUD Ciamis,” katanya.

Menurut Yat, perjanjian kerjasama dengan KPU Ciamis merupakan sebagai wujud pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Bagi Yat, perjanjian kerjasama dengan KPU Ciamis tersebut akan memberikan banyak sekali manfaat. Diantaranya peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia), kegiatan penelitian dan lain sebagainya.

“Manfaatnya, misal; teman-teman KPU bisa melaksanakan studi lanjut di Unigal. Dan kami (dosen Unigal) juga bisa melaksanakan penelitian di KPU. Dan banyak hal lainnya yang bisa kami dapatkan,” katanya.

Peningkatan Kapasitas SDM

Senada dengan itu, Ketua KPU Ciamis, Dr. H. Agus Fatah Hidayat, S.Ip.,M.Si, menambahkan, kerjasama tersebut merupakan bagian upaya pihaknya memberikan kesempatan dalam peningkatan kapasitas SDM penyelenggara Pemilu.

“Untuk peningkatan kapasitas SDM, kami berharap personil KPU (PPS/ PPK) bisa melanjutkan pendidikan di Unigal,” katanya.

Agus berharap, nanti penyelenggara Pemilu di tingkat desa dan kecamatan mayoritas merupakan mahasiswa atau lulusan Unigal.

“Jadi, nanti penyelenggara pemilu itu benar-benar merupakan orang-orang yang sudah berkualitas,” katanya.

Menurut Agus, Unigal juga merupakan sarana bagi pihaknya untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai kepemiluan.

“Untuk kerjasama dalam hal penelitian, kami menilai Unigal mampu merepresentasikan bagaimana kondisi Ciamis,” pungkasnya.  

Pengembangan Keilmuan

Sementara itu, Ketua Prodi Magister Hukum, Dewi Mulyanti, SH.,MH., berharap, kerjasama antara Pascasarjana Unigal dengan KPUD Ciamis memberikan manfaat yang nyata bagi kedua belah pihak.

“Khusus bagi kami (Magister Hukum), ini kesempatan untuk mengembangkan bidang keilmuan. Dan kami memiliki tenaga ahli yang diharapkan bisa bekerjasama, baik dalam hal penelitian,  pengabdian, ataupun konsultasi hukum,” katanya. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -