Peluang Usaha Belum Banyak Pesaing Tapi Cukup Menjanjikan

peluang usaha belum banyak pesaing
Ilustrasi usaha belum banyak pesaing. Foto: Ist/Net

Memilih dan menangkap peluang usaha belum banyak pesaing bisa menjadi sebuah keuntungan besar. Namun untuk menemukan peluang usaha semacam ini bukanlah hal mudah dan butuh riset pasar mendalam.

Berburu peluang usaha memang susah-susah gampang. Apalagi dengan makin banyaknya orang yang menjalankan usaha tentunya tingkat persaingan juga makin tinggi. Kondisi inilah yang kadang memicu persaingan bisnis tak sehat.

Kompetisi dalam bisnis merupakan hal yang lumrah. Namun menjalankan bisnis yang sudah jenuh dengan persaingan sangat tinggi tak ubahnya seperti bunuh diri. Apalagi jika Anda tak memiliki nilai keunggulan yang bisa diandalkan.

Memilih Peluang Usaha Belum Banyak Pesaing

Tak sedikit orang yang lebih senang menjadi peniru bisnis rang lain tanpa melakukan inovasi. Jika Anda tertarik menjalankan bisnis dengan meniru usaha orang lain, sebaiknya lakukan langkah ATM (amati, tiru, danmodifikasi agar memiliki nilai lebih).

Baca juga: Ide dan Peluang Usaha Musiman yang Bisa Dimanfaatkan

Berikut ini beberapa jenis peluang usaha yang belum banyak pesaing yang sangat menjanjikan. Anda bisa sesuaikan potensi yang ada dengan kemampuan Anda, baik ketersediaan modal, ketrampilan, dan faktor pendukung lainnya.

Bisnis Teknologi

Teknologi merupakan hasil karya cipta peradaban manusia yang akan terus berkembang. Selain untuk memudahkan pekerjaan manusia, teknologi akan menjadi tuntutan masa depan yang banyak dibutuhkan orang.

Ada banyak peluang usaha belum banyak pesaing di bidang teknologi. Antara lain seperti pembuatan software, servis gadget, pembuatan toko online, jasa pemrogram komputer dan lainnya.

Bisnis Properti

Properti rumah dan tanah termasuk salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Besarnya kebutuhan manusia terhadap rumah dan tanah membuat harga properti selalu meningkat dari waktu ke waktu.

Ada banyak peluang bisnis yang bisa dijalankan di bidang properti. Dari jual beli rumah, menawarkan rumah kontrakan, kos-kosan, hingga membangun perusahaan developer. Anda bisa sesuaikan kemampuan modal untuk menjalankannya.

Bisnis Pendidikan

Lembaga pendidikan memang tidak termasuk dalam lembaga komersial. Namun dalam praktiknya ada banyak potensi yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha belum banyak pesaing.

Baca juga: Menganalisis Peluang Usaha untuk Mempertajam Strategi Bisnis

Peluang bisnis yang cukup prospektif di bidang pendidikan antara lain membuat kursus, usaha les privat, lembaga pelatihan dan keterampilan, maupun membangun lembaga pendidikan non formal lainnya.

Bisnis Jasa

Peluang usaha lainnya adalah menawarkan layanan jasa sesuai kemampuan yang Anda miliki. Jenis bisnis ini hanya membutuhkan modal kecil, bahkan ada yang tanpa modal.

Beberapa contoh peluang bisnis ini antara lain jasa pengetikan, jasa penulisan artikel, jasa terjemahan, copy writer periklanan, desain grafis, dan lainnya. Anda bisa menggali jenis usaha yang cocok sesuai kemampuan Anda.

Usaha Sembako

Peluang usaha belum banyak pesaing lainnya adalah sembako. Sembako atau sembilan bahan kebutuhan pokok sangat dibutuhkan manusia setiap harinya. Hal ini tentunya memberikan peluang yang prospek untuk dijalankan.

Anda bisa berjualan aneka produk sembako dengan mengambil barang dari suplier. Dari berjualan beras, telur, minyak goreng, gas elpiji, dan lainya. Meskipun untungnya kecil namun karena dibutuhkan setiap hari maka cukup prospektif.

Bisnis Kesehatan

Kesehatan juga merupakan kebutuhan dasar yang penting untuk semua orang. Namun besarnya biaya kesehatan yang ada saat ini memperlihatkan bahwa bidang ini juga menawarkan peluang bisnis yang menjanjikan.

Baca juga: Ingin Mencari Peluang Usaha Baru di Tengah Pandemi Covid-19? Ini Pilihannya!

Beberapa jenis usaha yang bisa dijalankan antara lain pembuatan atau penjualan obat herbal, membangun apotik dan ruang praktek dokter bersama, konsultan gizi, hingga menjadi reseller atau afiliasi obat dan produk kesehatan.

Itulah beragam peluang usaha yang belum banyak pesaing yang bisa dipilih. Ada usaha yang membutuhkan modal besar namun ada yang hanya perlu modal kecil. Lakukan riset pasar lebih dahulu agar memberikan hasil yang menguntungkan. (R11/HR-Online)

Loading...