Pengecekan Kendaraan Bermotor di Ciamis Lebih Mudah dengan BLUe

Pengecekan Kendaraan Bermotor
Pengecekan kendaraan dilakukan petugas Dishub Ciamis. Foto: Humas Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pengecekan kendaraan bermotor di Kabupaten Ciamis diharapkan lebih mudah dengan penerapan BLUe atau Bukti Lulus Uji Elektronik.

Hal itu disampaikan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dalam peluncuran BLUe di halaman UPTD Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis, Kamis (2/7/2020).

“Harapannya dengan diluncukannya BLUe ini tidak mempersulit pengecekan, namun bisa mempermudah dan murah,” kata Herdiat dalam sambutannya.

BLUe disebut Herdiat, sebagai salah satu inovasi yang akan memudahkan masyarakat maupun pengusaha dalam uji kendaraan bermotor.

“Semoga dengan adanya inovasi pelayanan BLUe ini, Dishub bisa lebih baik lagi dalam melayani masyarakat,” katanya.

Sementara Kepala Dishub Ciamis, Endang Sutrisna, mengatakan, uji lulus kendaraan atau disebut juga KIR akan diganti dengan menggunakan barcode. Hal ini untuk memudahkan petugas maupun pengemudi dalam pengecekan kendaraan bermotor.

“Ini adalah suatu alih teknologi, biasanya didata dengan buku catatan oleh petugas, kini diubah pendataan dan pengujiannya secara elektornik,” ujar Endang.

Menurut Endang, nantinya petugas yang mengecek kendaraan akan mudah mengetahui pemilik kendaraan hanya dengan melakukan scan barcode pada kartu khusus dari Dishub.

“Launching BLUe dilakukan untuk menjalankan instruksi dari Kementerian Perhubungan yang memang harus dilaksanakan di seluruh Indonesia,” terangnya.

Ciamis, kata Endang, telah memenuhi standar untuk menerapkan uji kendaraan dengan BLUe. Karena itu, dia berharap pengusaha angkutan barang atau transportasi tidak lagi kerepotan apabila uji KIR.

“Semoga dengan berlakunya pengecekan secara elektronik ini akan memajukan Ciamis, karena proses pengecekan kendaraan lebih mudah, pengusaha juga terbantu,” katanya. (R7/HR-Online)

Loading...