Penyaluran Bantuan Sosial Covid-19 di Kota Banjar Tidak Tepat Sasaran

Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, saat membagikan bantuan sosial (bansos) berupa paket sembako di Kelurahan Hegarsari. Foto: Muhlisin/HR.
Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, saat membagikan bantuan sosial (bansos) berupa paket sembako di Kelurahan Hegarsari. Foto: Muhlisin/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Penyaluran bantuan sosial (bansos) bagi warga terdampak Covid-19 di Kota Banjar, Jawa Barat, tidak tepat sasaran. Hal itu terbukti dengan adanya bantuan sosial yang dikembalikan warga, dibagikan lagi kepada warga lainnya.

Pembagian bantuan sosial hasil retur dari masyarakat tersebut dibagikan untuk warga terdampak wabah Covid-19, di Aula Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jum’at (10/07/2020).

Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, mengatakan, penerima bantuan sosial hasil retur ini merupakan warga yang belum mendapatkan bantuan dari program bantuan sosial lainnya.

Baca Juga : Gubernur Jabar Usulkan Bansos untuk Warga Terdampak Covid-19 Disalurkan Satu Pintu

Jumlah paket sembako yang dikembalikan ada sekitar 1.800. Nantinya, bantuan sosial ini akan dibagikan lagi kepada warga masyarakat melalui desa/kelurahan masing-masing.

“Hari ini ada 21 paket sembako yang dibagikan di Kelurahan Hegarsari. Jumlah seluruhnya ada 1.800 paket sembako,” kata Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, kepada awak media.

Sementara itu, Kepala Dinas KUKMP Kota Banjar, H. Saefuddin, menambahkan, paket sembako yang dibagikan itu merupakan bantuan provinsi. Paket tersebut dikembalikan lagi kepada kelurahan/desa karena tidak tepat sasaran. Atau ada kekeliruan dalam pendataan.

Kekeliruan pendataan tersebut seperti adanya penerima bantuan ganda. Selain itu, ada juga warga yang sudah pindah, dan warga meninggal dunia tetapi masih terdata sebagai warga penerima bantuan.

“Bantuan yang dibagikan hanya berupa paket sembakonya saja. Sedangkan, untuk uang sebesar 150 ribu rupiah akan dikembalikan lagi ke provinsi,” jelasnya. (Muhlisin/R3/HR-Online)