Penyebab Darah Rendah Akibat Dehidrasi Hingga Penyakit Jantung

penyebab darah rendah
Ilustrasi penyebab darah rendah. Foto: Istimewa

Penyebab darah rendah bisa dipicu dari berbagai faktor. Mengenal faktor yang menyebabkan turunnya tekanan darah rendah sangatlah penting. Hal itu berguna untuk membantu mencegah dan mengatasinya.

Darah rendah adalah kondisi saat tekanan darah seseorang berada di bawah normal. Seperti dikatakan Wikipedia, kondisi normal tekanan darah adalah 120/80 mmHg. Sedangkan jika tekanan di atas normal disebut hipertensi.

Namun jika tekanan darah mencapai dibawah angka 90/60 mmHg bisa berbahaya. Selain dapat menyebabkan pusing dan lemas, juga dapat memicu keseimbangan tubuh hilang yang kemudian menyebabkan pingsan.

Faktor Penyebab Darah Rendah

Pada dasarnya tekanan darah tidak selalu tetap sepanjang waktu. Tekanan darah bisa berubah sesuai aktivitas ataupun kondisi seseorang. Begitu juga faktor penyebabnya bisa beragam.

Karena tekanan darah dipengaruhi banyak faktor, maka sangat penting untuk mengenal kondisi yang mempengaruhinya. Berikut ini sejumlah faktor yang bisa menyebabkan turunnya tekanan darah.

Baca juga: Gejala Darah Rendah, Kenali Sejak Dini Sebelum Terlambat

Dehidrasi

Tubuh yang mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan juga bisa menjadi penyebab darah rendah. Kondisi ini akan membuat volume darah berkurang sehingga tekanan darah juga akan ikut menurun.

Kekurangan Nutrisi

Saat tubuh kekurangan nutrisi tertentu juga bisa menyebabkan turunnya tekanan darah. Anemia atau kekurangan darah terjadi karena kurangnya asupan vitamin B12 dan asam folat. Kondisi ini membuat tekanan darah juga menurun.

Pendarahan

Pendarahan akibat luka atau kecelakaan akan menyebabkan tubuh kehilangan banyak darah. Kondisi penurunan volume darah akan membuat aliran darah ke organ tubuh juga berkurang. Kondisi ini juga bisa menjadi penyebab darah rendah.

Baca juga: Mengatasi Darah Rendah yang Mudah? Coba Dulu Ini!

Kondisi Kehamilan

Kehamilan bisa menyebabkan turunnya tekanan darah. Sirkulasi darah ibu yang sedang hamil akan berkembang. Kondisi ini bisa membuat dan menyebabkan terjadinya tekanan darah rendah.

Penyakit Jantung

Gangguan pada jantung juga bisa menjadi penyebab darah rendah. Kondisi ini akan membuat darah tidak terpompa secara optimal ke seluruh tubuh. Akibatnya tekanan darah akan menurun dan menyebabkan hipotensi.

Konsumsi Obat

Perawatan atau pengobatan yang dijalani seseorang juga bisa menyebabkan terjadinya darah rendah. Konsumsi obat-obatan tertentu seperti levodopa, propranolol, atenolol, furosemide, ataupun sildenafil bisa menurunkan tekanan darah.

Infeksi

Terjadinya infeksi pada tubuh juga bisa menjadi penyebab darah rendah. Kerusakan jaringan dalam tubuh akan membuat aliran darah (sepsis) terganggu. Kondisi ini akan membuat tekanan darah ikut menurun.

Gangguan Hormon

Hormon bisa mengalami ketidakseimbangan. Kondisi ini umumnya karena sejumlah penyakit, seperti penyakit tiroid dan penyakit diabetes. penurunan kadar hormon darah akan membuat tekanan darah ikut menurun.

Posisi Tubuh

Berdiri atau posisi tubuh tertentu yang terlalu lama juga bisa menjadi penyebab darah rendah. Darah yang menumpuk pada bagian tubuh tertentu akan mengganggu aliran darah sehingga tekanannya juga akan ikut turun.

Reaksi Alergi Parah

Alergi juga bisa memicu turunnya tekanan darah. Utamanya saat tubuh memberikan reaksi secara berlebihan terhadap suatu faktor alergen. Reaksi tubuh yang disebut anafilaksis ini akan menyebabkan tekanan darah menurun.

Baca juga: Rekomendasi Buah dan Makanan untuk Darah Rendah yang Enak dan Berkhasiat

Itulah berbagai faktor yang bisa menyebabkan turunnya tekanan darah. Dengan mengenali faktor penyebab ini tentunya akan memudahkan cara untuk mengatasinya. Seperti menjaga asupan nutrisinya, air minum yang cukup, hingga tidak berdiri terlalu lama.

Selain karena kebiasaan dan kurangnya asupan nutrisi, penyebab darah rendah juga bisa karena penyakit yang sedang diderita. Untuk pengobatannya tentunya harus dengan rekomendasi dokter dan sesuai dengan penyakit yang diderita. (R11/HR-Online)

Loading...