Penyebab Motor Mati Saat Panas Bisa Diakibatkan Beberapa Hal Sepele

Penyebab Motor Mati Saat Panas Bisa Diakibatkan Beberapa Hal Sepele
Ilustrasi Penyebab motor mati saat panas. Foto Istimewa

Penyebab motor mati saat panas terkadang membuat pengendara merasa bingung. Ketika dalam kondisi panas, tiba-tiba motor mati dengan begitu saja. Jika hal ini terjadi, pasti membuat panik pengendaranya.

Apalagi saat motor mati mendadak, anda dalam lokasi jalan yang jauh dari bengkel. Mungkin bagi pengendara yang tahu sedikit tentang otomotif, bisa mengatasinya. Namun bagi orang awam yang tidak mengetahui, pasti akan panik dan merasa bingung.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui mengapa mesin motor mati saat kondisi panas. Jika anda memahami apa saja yang menyebabkan hal ini terjadi, dengan mudah bisa mengatasinya.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi faktor penyebabnya. Sebaiknya jangan panik saat keadaan ini anda alami.

Penyebab motor mati ketika panas masih belum banyak diketahui para pengendara. Sebenarnya mengetahuinya justru tidak akan membuat anda panik dan bisa mengatasinya dengan cepat dan tepat.

Penyebab Motor Mati Saat Panas

Beberapa faktor yang bisa menyebabkan motor mati mendadak bisa diatasi, termasuk kondisi mesin yang panas. Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi permasalahan ini muncul.

Sebab kendaraan dengan masalah yang berbeda, penanganannya pun tidak sama. Berikut ini ada beberapa penyebab motor mogok saat mesin panas.

Baca juga: Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin Saat Digas

Sebaiknya segera periksa kendaraan anda saat mengalami overheat atau mesin dalam kondisi panas. Jika anda susah saat menyalakannya, bisa disebabkan karena businya.

Tidak semua disebabkan oleh busi motor, berikut ini beberapa penyebab motor mati saat panas:

Kekurangan Oli

Penyebab pertama motor mogok saat panas yaitu bisa disebabkan oli motor yang kurang. Jika motor sering digunakan untuk perjalanan jauh, akan berakibat mesin menjadi panas.

Hal ini berujung oli dapat keluar melalui pori-pori endapan mesin. Jika oli mesin dalam kondisi kurang, juga bisa berpengaruh pada lemahnya piston ring.

Sehingga mengakibatkan motor mengeluarkan asap putih melalui knalpot. Masalah ini juga bisa berakibat busi terkena oli sehingga membuatnya tidak mudah tahan lama.

Akhirnya mesin akan mengakibatkan makan oli dan menjadi panas. Kekurangan oli inilah yang bisa menimbulkan motor mati mendadak menjadi ngancing.

Pengapian yang Lemah

Penyebab motor mati saat panas lainnya yaitu adanya pengapian motor yang lemah. Pengapian motor sering melemah atau tidak tahan panas.

Komponen spul api pada motor bisa melemah sehingga hal tersebut bisa berujung mesin dalam kondisi panas dan mati tiba-tiba. Hal ini bisa diakibatkan komponen motor spul yang sudah dimakan usia.

Bisa juga terjadi karena spulnya eror atau cacat sehingga beradu api antara satu dengan yang lain. Jika hal ini terjadi, bisa cek kabel hitam list merah dari spul bagian bawah.

Baca juga Motor Tiba-Tiba Mati, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tempelkan kabel pada bagian mesin dan putar mesin motor dengan cara kick starter. Dari sinilah anda bisa menyimpulkan apakah masih ada pengapian atau tidak.

CDI Bermasalah

Selain kedua masalah tersebut, penyebab motor mati saat panas bisa disebabkan permasalahan pada CDI. Pada bagian pengapian kedua yaitu terjadi pada komponen bernama CDI.

Komponen ini juga rawan jika kondisi motor dalam keadaan panas berujung mesin mati mendadak. Saat hal ini terjadi pada motor, anda bisa lakukan pengecekan komponen CDI apa masih berfungsi atau tidak.

Sedangkan pada komponen koil memberi kemungkinan sangat kecil karena biasanya kondisi koil dalam keadaan ini masih cukup bagus. Sehingga anda tidak perlu takut untuk menggantinya.

Pastikan memperhatikan penyebab motor mati saat panas ini. Dengan demikian, anda tak akan mengalami permasalahan yang sama selang beberapa waktu ke depan.

Busi Bermasalah

Hal yang sering terjadi saat motor mogok mendadak dalam kondisi panas bisa dikarenakan kondisi businya. Kepala busi atau bagian ujungnya yang sudah longgar atau basah, bahkan sudah rusak.

Jika hal ini menjadi penyebab utamanya, sebaiknya segera anda ganti busi yang baru. Segera periksa kondisi komponen busi saat motor anda mati mendadak.

Banyak penyebab motor mati saat panas, sebaiknya anda segera ketahui dan lakukan penanganan yang tepat. Jika hal ini bisa anda ketahui sejak awal, rasa panik pun bisa dihilangkan. (R10/HR-Online)