Penyebab Penyakit Liver dan Gejala Liver Ringan yang Mesti Diwaspadai

Penyebab Penyakit Liver dan Gejala Liver Ringan
Ilustrasi Penyebab Penyakit Liver dan Gejala Liver Ringan. Foto: Istimewa

Mengenal penyebab penyakit liver sangat penting agar lebih efektif penanganannya. Apalagi saat terasa gejala liver ringan yang juga mesti diwaspadai agar tidak semakin parah.

Liver atau hati merupakan organ tubuh yang berperan sangat penting menyangkut metabolisme tubuh. Hati juga berfungsi untuk menyimpan energi serta membantu proses pencernaan makanan.

Yang tak kalah penting, liver juga berperan vital dalam proses detoksifikasi dan imunitas tubuh. Zat-zat beracun yang masuk ke dalam tubuh, termasuk dari makanan, akan disaring oleh hati dan dibuang melalui aliran darah.

Saat organ ini terganggu akan menyebabkan penyakit liver. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab penyakit liver dan merusak organ vital ini. Karena itu sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan hati atau liver Anda.

Beragam Faktor Penyebab Penyakit Liver

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kerja dan fungsi hati. Gejala liver ringan biasanya akan muncul saat hati mulai terganggu fungsinya. Berikut ini berbagai faktor yang bisa menyebabkan penyakit liver yang sebaiknya diketahui.

Faktor Genetik

Penyebab penyakit liver juga bisa terjadi karena faktor yang diturunakn dari orangtuanya. Faktor genetik yang menyebabkan tidak optimalnya fungsi hati antara lain hemochromatosis akibat terlalu banyak zat besi.

Penyakit Wilson juga bisa menyebabkan terganggunya hati. Hal ini karena liver menyerap zat tembaga secara berlebihan. Begitu juga jika tubuh kekurangan alfa-1 antitrypsin (AT) karena liver tak mampu memproduksinya bisa memicu penyakit liver.

Penumpukan Lemak

Buat Anda yang senang mengonsumsi makanan daging atau jeroan, sebaiknya segara batasi jumlahnya atau malah dihindari. Konsumsi makanan tinggi lemak tidak baik terhadap organ vital, seperti jantung dan hati.

Jika lemak menumpuk dalam hati bisa menjadi penyebab penyakit liver berlemak. Ada dua tipe penyakit hati berlemak, yaitu yang bersifat alkoholik karena konsumsi alkohol dan jenis nonalkohol karena asupan makanan dan faktor lain.

Karena Penyakit Hepatitis

Hepatitis merupakan infeksi virus yang menyerang organ hati sehingga akan menyebabkan terganggunya fungsi hati. Untuk mencegah serangan penyakit ini anak-anak perlu mendapatkan vaksinasi hepatitis tipe A dan B.

Gagal Hati

Faktor penyebab penyakit liver lainnya adalah gagal hati. Ini merupakan kondisi kerusakan organ hati sehingga hati tidak berfungsi optimal. Kondisi ini umumnya terjadi akibat penyakit sirosis yang menyerang hati dalam waktu yang lama.

Gagal hati dibedakan antara yang kronis yang terjadi secara perlahan dan yang akut yang terjadi tiba-tiba. Gejala liver ringan akibat kondisi ini seperti pusing, mual, diare, tubuh lelah dan lemah, ataupun terjadinya penyakit kuning.

Serangan Autoimun

Penyebab penyakit liver lainnya juga bisa akibat kesalahan dalam sistem autoimun. Sistem yang seharusnya untuk kekebalan tubuh, namun justru berbalik menyerang hati maupun sel-sel yang sehat.

Kondisi ini bisa terjadi akibat terjadinya hepatitis autoimun, kolangitis sclerosing primer, maupun karena sirosis bilier primer (PBC). Jika kondisi ini terjadi maka perlu penanganan medis yang serius.

Penyakit Kanker

Kanker juga bisa menjadi penyebab penyakit liver. Kanker yang menyerang hati dibedakan antara yang primer dan sekunder. Kanker hati primer jika penyakit menyerang organ hati secara langsung.

Namun jika kanker terjadi di organ tubuh lainnya, maka akan menyebar dan menyerang hati. Hal itu dinamakan kanker hati sekunder. Jika kanker tidak segera diatasi akan bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya.

Itulah berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab penyakit liver atau hati. Terganggunya fungsi hati akan dimulai dengan munculnya gejala liver ringan yang sebaiknya diwaspadai. Penanganan yang cepat bisa mencegah akibat yang fatal. (R11/HR-Online)

Loading...