Penyebab Remote Mobil Tidak Berfungsi, Bisa Karena Baterainya Lemah

Penyebab Remote Mobil tidak Berfungsi
Ilustrasi Penyebab Remote Mobil Tidak Berfungsi. Foto : Istimewa

Penyebab remote mobil tidak berfungsi bisa dikarenakan terjadinya gangguan frekuensi. Majunya zaman yang berkembang berpengaruh juga pada kendaraan, termasuk mobil.

Jika dulu mengunci mobil hanya bisa dilakukan secara manual saja. Dimaksud dengan cara manual yaitu dengan menggunakan anak kunci yang berfungsi untuk mengunci mobil.

Namun, kini sudah tidak lagi, cara manual tergantikan dengan berkembangnya teknologi. Kini mengunci mobil bisa dilakukan dengan sekali pencet saja menggunakan remote.

Remote yang tersedia bisa digunakan untuk mengunci mobil, mematikan alarm, bahkan buka tutup pintu secara otomatis. Sering terjadi remote mobil mati dengan sendirinya sehingga perlu ketahui penyebabnya.

Biasanya penyebab remote mobil tak berfungsi bisa dikarenakan beberapa hal. Sebaiknya anda jangan panik karena masih banyak solusi yang bisa dilakukan.

Ketahui Penyebab Remote Mobil Tidak Berfungsi

Remote mobil kini sudah menjadi fitur standar mobil keluaran teranyar. Fungsinya yang beragam membuat remot sering bekerja sesuai keinginan pemilik mobil.

Namun, sering terjadi remote mobil kehilangan kendali bahkan mengalami kerusakan parah. Langkah awal untuk mengatasinya yaitu jangan panik.

Ketahui apa saja penyebab remote mobil tidak berfungsi agar bisa mengatasinya segera. Berikut ulasannya.

1. Baterai Remot Habis

Ketika remote mobil anda tiba-tiba tak berfungsi, penyebab pertama bisa dikarenakan baterainya yang habis. Salah satu ciri baterai remote habis yaitu lampu remote yang tidak menyala saat anda menekan tombol.

Baca Juga : Poles Kaca Mobil Bisa Atasi Baret dan Goresan dengan Cepat

Baterai merupakan sumber kehidupan remote mobil. Ketika baterai sudah habis, secara otomatis remote tidak bisa difungsikan. Sebaiknya ganti segera baterai remote mobil untuk mengatasi penyebab remote tak berfungsi.

2. Receiver Remote Rusak

Penyebab remote mobil tidak berfungsi kedua yaitu terjadinya kerusakan pada receiver remote. Receiver remote merupakan salah satu komponen yang tertanam di dalam mobil.

Fungsinya untuk dapat menerima gelombang yang diberi oleh remote mobil. Selanjutnya receiver akan menterjemahkan perintah yang diberikan dan akan membuka kunci pintu mobil.

Sebaiknya perbaiki remote mobil ke bengkel jika terjadi kerusakan. Sebab, remote mobil yang tidak berfungsi tidak bisa diperbaiki sendiri.

3. Frekuensi Remote Terganggu

Area dengan gelombang elektromagnetik tinggi dapat berpengaruh pada kinerja remote mobil. Area tersebut diantaranya di sekitar tower radio, TV, SUTET, hingga BTS provider telepon seluler.

Gangguan yang terjadi hanya bersifat sekunder. Hal ini tidak akan mengganggu kinerja remote di lokasi lain. Segeralah bergegas menghindar dari lokasi frekuensi tersebut agar tidak mengganggu kinerja remote mobil.

4. Remote Rusak

Penyebab remote mobil tidak berfungsi bisa terjadi jika mengalami kerusakan. Jika remote mobil anda tidak berfungsi ditandai dengan lampu remote yang tidak menyala.

Banyak sekali hal yang bisa berpengaruh pada remote rusak. Hal ini bisa dikarenakan remote sering terjatuh atau tertekan. Sebaiknya perhatikan dengan baik penggunaan remote mobil agar bisa berfungsi dengan baik.

Solusi Mengatasi Alarm Berbunyi Sendiri

Salah satu tanda remote mobil anda rusak yaitu tidak berfungsi untuk mematikan alarm mobil yang berbunyi. Saat remote mobil tidak berfungsi dan alarm mobil berbunyi keras, pasti anda panik.

Hal ini bisa terjadi jika remote memiliki gangguan. Penyebab remote mobil tidak berfungsi juga bisa diakibatkan karena gangguan pada frekuensinya.

Ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama buka pintu secara manual. Terdapat lubang kunci di pintu driver putar ke kiri berlawanan arah jarum jam.

Setelah central lock berbunyi, berarti tanda pintu sudah tidak terkunci kembali dan buka pintunya. Saat pintu terbuka, maka alarm mobil bisa segera berhenti.

Langkah kedua dengan cara masukkan kunci kontak ke lubang kunci. Putar kunci ke posisi ON dan muncul lampu indikator pada dasbor menyala.

Jika sudah anda lakukan, alarm mobil yang berbunyi sendiri bisa teratasi. Sebaiknya jangan panik dan lakukan penanganan dengan lebih teliti.

Sebaiknya segera atasi remote mobil bermasalah ke bengkel agar tidak mengganggu anda dan orang lain. Selain itu, selalu perhatikan dan jaga baterai remote mobil.

Sebagian besar pemilik mobil sering mengabaikan hal ini. Padahal jika remote mobil bermasalah dapat mengganggu aktivitas pemiliknya.

Segera ketahui penyebab remote mobil tidak berfungsi. Bawa ke bengkel terdekat untuk mengatasi remote mobil yang rusak. (R10/HR-Online)

Loading...