Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita PangandaranPerpustakaan di Pangandaran Dibangun dengan Anggaran Rp 30 Miliar

Perpustakaan di Pangandaran Dibangun dengan Anggaran Rp 30 Miliar

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pembangunan Perpustakaan di Pangandaran dianggarkan dari dana Provinsi Jawa Barat senilai Rp 30 miliar.

Hal itu disampaikan Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata saat melakukan peletakan batu pertama perpustakaan yang dibangun di Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran.

“Alhamdulillah bantuan gedung ini juga merupakan salah satu bantuan anggaran dari Provinsi Jawa Barat,” kata Jeje dalam sambutannya.

Menurutnya, saat ini berbagai pembangunan tengah dilakukan Pemkab Pangandaran. “Jalan, jembatan, Puskesmas, sampai rumah sakit telah selesai dibangun. Kini saatnya kebijakan beralih ke sarana pendidikan, salah satunya dengan pembangunan Perpustakaan di Pangandaran,” jelasnya.

Jeje berharap minat baca warga Pangandaran meningkat melalui berbagai buku bacaan yang nantinya disediakan di Dinas Perpustakaan Kabupaten Pangandaran.

“Dengan dibangunnya gedung Perpustakaan ini, ke depannya bisa lebih maju, terutama minat baca masyarakat bisa lebih meningkat lagi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Pangandaran, Tatang, mengatakan, Perpustakaan yang dibangun rencananya terdiri dari tiga lantai.

“Semestinya pembangunan dimulai pada bulan April, namun tidak terlaksana karena pandemi Covid-19. Ya kita undur jadi akhir Juni. Saat ini progress pembangunan baru 3 persen,” jelasnya.

Tatang menjelaskan, anggaran untuk pembangunan Perpustakaan di Pangandaran tersebut berasal dari dana Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 30 miliar.

“Saat ini baru cari Rp 17 miliar dikerjakan oleh pihak ketiga dan diawasi konsultan. Target pembangunan selama 180 hari kalender,” terangnya.

Menurut Tatang, segaala kelengkapan perizinan sudah ditempuh, termasuk izin dari tetangga. “Semua sudah ditempuh dan tidak ada kendala,” katanya.

Selain itu, Tatang melanjutkan, Dinas Perpustakaan juga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk melaksanakan gerakan literasi. Termasuk dengan adanya Duta Baca.

“Jumlah total duta baca yang tercatat saat ini di kabupaten Pangandaran mencapai seratus orang dan dari jumlah seratus orang tersebut, ada diantaranya dari kabupaten Pangandaran yang meraih harapan kedua di tingkat Provinsi Jawa Barat,” pungkasnya. (Entang/R7/HR-Online)

- Advertisment -