Peternakan Sapi di Banjar Pertanyakan Soal Kampung Tangguh Lodaya

Peternakan Sapi di Banjar
Salah satu peternakan sapi di Banjar yang masuk kategori kampung tangguh Lodaya. Foto: Aisyah/HR

Berita Banjar (Harapanrakyat.com),- Peternakan sapi di Banjar juga bertanya soal kampung tangguh Lodaya. Salah satu penerimanya adalah usaha peternakan sapi di Dusun Sindangmulya, Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat.

Peternakan sapi dikelola oleh Apipudin (52) mengatakan ia mengelola 5 sapi yang kini ada di kandang depan rumahnya. Saat peresmian kampung tangguh Lodaya, Apip merupakan satu dari ketiga sektor kategori kampung tangguh Lodaya yang tidak sempat dikunjungi Polres dan Walikota Banjar.

Selain tidak kebagian waktu untuk dikunjungi, ia mengaku kaget dengan spanduk kampung tangguh Lodaya yang menempel di dinding tembok kandang sapi miliknya. Pemasangan spanduk bertuliskan ‘ketahanan pangan peternakan Desa Kujangsari Kecamatan Langensari kampung tangguh Lodaya’ itu tidak meminta izin dahulu terhadap pemiliknya.

Apip salah seorang peternak sapi di Banjar ini mengaku melihat petugas menempelkan spanduk , tapi tanpa adanya pembicaraan apapun kepadanya.

Meskipun Apip hanya peternak sapi dan menerima bagi hasil saja, ia menginginkan akan adanya kejelasan dari pihak desa.

“Aneh kenapa tidak ada yang ngobrol sama saya. Tiba-tiba aja saya lihat orang masang spanduk itu. Ya saya biarkan saja. Ya bagusnya ada ngobrol dulu, supaya sama-sama enak,” katanya sambil memberikan rumput kepada sapi ternaknya.

Apip mengaku heran dengan pemasangan spanduk itu. Padahal di Desa Kujangsari ada peternak sapi yang lebih maju. Namun peteranakannya yang masuk dalam ketegori Lodaya tersebut.

Ia menegaskan, jika memang usaha ternak miliknya dikatakan bagus, Apip menginginkan bantuan dari pemerintah untuk mengembangkan ternak sapi tersebut.

Tak hanya itu, menurut Mastur, Perangkat Desa Kujangsari mengaku bahwa  kegiatan peresmian kampung tangguh Lodaya yang digelar pada  berapa Juli silam mendadak.  “Acaranya mendadak,” singkatnya. (Aisyah/R9/HR-Online)

Loading...