PPDB Online SMP Ciamis Dimulai Hari Ini, Selama 4 Hari

PPDB Online SMP Ciamis
Panitia PPDB SMPN 1 Ciamis melakukan validasi data pendaftar.

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB online SMP Ciamis dimulai hari ini Senin (6/7/2020) sampai Kamis (9/6/2020). PPDB  secara online ini dilaksanakan pertama kali dengan skala Kabupaten. Melalui PPDB online diharapkan adanya pemertaan siswa di setiap SMP di Ciamis.

Kepala SMPN 1 Ciamis Agus Sumantri menuturkan pada hari pertama ini sampai siang, sudah ada 84 calon peserta didik yang telah mendaptar. Namun kendala yang dihadapi dari validasi penentuan titik koordinat letak tempat tinggal calon peserta didik. Masih ditemukan lokasi yang tidak sesuai yang dicantumkan oleh operator. Dalam PPDB online, proses pendaftaran difasilitasi oleh operator SD.

“Penentuan titik koordinat harus akurat, karena sebagai salah satu syarat penentuan diterima tidaknya peserta didik untuk jalur zonasi. Sekaligus mencegah adanya manipulasi lokasi tempat tinggal,” ujar Agus di sekolahnya, Senin (6/7/2020).

Agus menerangkan dalam PPDB Online SMP Ciamis, panitia langsung melakukan validasi data setiap ada pendaftar yang masuk. Sehingga ketika ada persyaratan yang kurang bisa langsung berkoordinasi dengan operator SD. Agar pihak operator segera memperbaiki dan melengkapi persyaratan yang kurang.

“Server online di Pemkab Ciamis ini bagus, jadi proses validasi berjalan lancar. Tak ada kendala soal jaringan,” katanya.

Dalam PPDB online, siswa hanya bisa mendaftar di satu sekolah saja. Bila diakhir pengumuman tak diterima, siswa disarankan untuk masuk sekolah yang masih kosong.  Ada 4 jalur penerimaan untuk PPDB online SMP, zonasi 50 persen, apiramasi siswa miskin 15 persen, prestasi 30 persen dan mutasi 5 persen.

“Kalau nanti di akhir pendaftaran jalur apirmasi dan prestasi tidak terpenuhi atau kosong, kuota dimasukan ke zonasi,” katanya.

PPDB Online SMP Ciamis Untuk Pemerataan Siswa

Asep Saeful Rahmat, Sekretaris Dinas Pendidikan Ciamis, mengingatkan kepada seluruh sekolah untuk melaksanakan PPDB online ini dilaksanakan sesuai aturan yang ada. Diharapkan PPDB tahun ini memudahkan orang tua dan lebih efektif.

“PPDB online ini hanya satu gelombang. diharapkan lebih efektif dan memudahkan orang tua siswa. Diharapkan juga ada pemerataan peserta didik setiap sekolah, tidak ada lagi sekolah yang kekurangan siswa,” katanya. (R9/HR-Online)

Loading...