PSBB Berakhir, Pemohon AK1 di Ciamis Melonjak

PSBB Berakhir, Pemohon AK1 di Ciamis Melonjak
PSBB berakhir, pemohon AK1 di Ciamis melonjak. Foto:Ilustrasi/Net

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Pasca dihentikannya masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), permintaan kartu pencari kerja atau AK1 di kantor Dinas Tenaga Kerja Ciamis kini mulai meningkat.

Para pegawai di Disnaker Ciamis mulai sibuk melayani masyarakat yang ingin membuat kartu kuning.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Ciamis, Asep Dedi menyebut, hingga bulan Juni 2020, tercatat sebanyak 4881 pencaker yang membuat kartu kuning.

“Mereka yang membuat AK1 ini kebanyakan yang akan mencari pekerjaan diluar Kabupaten Ciamis,” ujarnya, Senin (20/7/2020).

Mereka yang mencari kerja bervariatif, ada yang tujuanya ke Bekasi, Jakarta, Bandung, Majalengka, Tasikmalaya termasuk di Ciamis sendiri.

Diakuinya, semenjak adanya pandemi Covid-19 pada akhir Maret lalu, pelayanan AK1 di kantor Disnaker sempat terhenti sementara.

“Namun, sesudah selesai PSBB dan kondisi sedikit longgar pada Juni kemarin, pembuat AK1 sedikit melonjak,” katanya.

Menurut Asep, setiap tahunnya, rata-rata pemohon kartu pencari kerja mencapai 12.000 sampai 13.000 orang.

“Namun tahun ini kemungkinan akan menurun, lantaran kondisi di tengah pandemi dan tidak adanya kegiatan bursa kerja,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang pemohon kartu kuning asal Sadananya, Putri (19), mengaku ia sengaja membuat kartu pencari kerja atau kartu kuning sebagai salah satu syarat untuk mencari kerja di daerah Cikarang.

“Saya berencana melamar kerja di daerah Cikarang Bekasi. Saya tahun info ada lowongan kerja dari teman yang sudah duluan kerja disana,” kata Putri. (R8/HR Online)