Puasa Sunnah Arafah, Pengertian, Niat dan Manfaatnya!

Puasa Sunnah Arafah, Pengertian Niat dan Manfaatnya!

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com).- Puasa Sunnah Arafah, Pengertian Niat dan Manfaatnya! Umat Muslim memiliki dua hari raya yang pertama adalah Idul Fitri dan kedua adalah Idul Adha.

Idul Fitri biasanya dilaksanakan setelah sebulan puasa di Bulan Suci Ramadhan. Begitu pula dengan Idul Adha, yang juga identik dengan Puasa Arafah.

Puasa ini biasanya dikerjakan sebelum menjelang hari raya Idul Adha. Puasa ini merupakan anjuran yang akan mendapatkan pahala besar jika melaksanakannya.

Apa Itu Puasa Sunnah Arafah?

Puasa Arafah ialah ibadah yang dikerjakan pada hari kesembilan pada Bulan Dzulhijjah. Puasa ini bisa dilakukan oleh umat muslim yang sedang tidak melaksanakan ibadah Haji.

Seperti yang dijelaskan dalam Hadis riwayat Imam Muslim tentang Puasa Arafah yakni sebagai berikut :

Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah ditanya oleh seseorang terkait keutamaan dari menjalankan ibadah Puasa Arafah.

Rasulullah SAW pun menjelaskan bahwa Puasa Sunnah Arafah bisa menghilangkan dosa-dosa kita di tahun lalu serta menghapus kesalahan di tahun depan. Itulah sebabnya mengapa Puasa Arafah sangat dianjurkan.

Bacaan Niat Puasa Sunnah Arafah Lengkap dengan Artinya

Sebelum Anda berpuasa, pastikan mengetahui niat dan artinya agar lebih afdol. Berikut niat Puasa Arafah; Nawaitu shouma ‘arofata sunnatan Lillahi Ta’ala.

Artinya adalah saya berniat mengerjakan puasa sunnah Arafah karena Allah Yang Maha Tinggi.

Niat tersebut sangat singkat sekali bukan? Anda pun bisa dengan memudah menghafal niat Puasa Arafah sebelum mengerjakannya.

Adapun untuk tata cara melakukan puasa Arafah adalah sama dengan berpuasa di Bulan Suci Ramadhan.

Sebelum memakan sahur, diharuskan Anda untuk membaca niat lalu selama puasa, harus bisa menjaga segala bentuk hawa nafsu seperti makan, minum, amarah dan lain sebagainya.

Setelah adzan maghrib berkumandang, Anda juga diharuskan untuk mensegerakan berbuka puasa.

Manfaat Jika Anda Mengerjakan Puasa Sunnah Arafah

Sering melakukan ibadah baik yang wajib maupun sunnah tentu Allah SWT akan memberikan ganjaran yang sesuai kepada seluruh hamba-Nya.

Jika Anda mengerjakan Puasa Arafah maka manfaat yang didapat di antaranya adalah pertama bisa menghapus kesalahan yang telah diperbuat pada masa lalu serta di tahun yang akan datang.

Oleh sebab itu, banyak orang Islam yang mengerjakan puasa sunnah Arafah untuk menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan.

Adapun dosa yang dihapus, menurut beberapa ulama adalah kesalahan kecil yang pernah Anda perbuat baik itu ketika sadar atau tidak.

Manfaat kedua adalah tentu untuk menyehatkan tubuh. Dengan berpuasa maka Anda tidak akan makan sembarang.

Maka dari itu, kesehatan dari tubuh Anda akan tetap terjaga. Manfaat selanjutnya adalah melatih rasa sabar dalam menahan hawa nafsu.

Misalnya biasanya Anda mudah marah dengan menjalankan ibadah ini maka amarah akan tertahan.

Manfaat terakhir adalah merasakan apa yang orang lain rasakan, maksudnya adalah mengetahui bagaimana rasanya fakir miskin yang sering kelaparan.

Oleh sebab itu, dengan menjalankan Puasa Sunnah Arafah, maka Anda akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi karena senantiasa bersyukur dan menyadari bahwa di luar sana masih banyak orang yang lebih kekurangan dari diri sendiri. (Deni/R4/HR-Online)