Rehabilitasi Sumber Mata Air di Karangkamiri Pangandaran, Tanam Pohon dan Tabur Ikan

Rehabilitasi sumber mata air dalam upaya melestarikan lingkungan hidup melalui gerakan penanaman pohon dilakukan Pemkab Pangandaran. Foto: Enceng/HR.
Rehabilitasi sumber mata air dalam upaya melestarikan lingkungan hidup melalui gerakan penanaman pohon dilakukan Pemkab Pangandaran. Foto: Enceng/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Rehabilitasi sumber mata air dalam upaya melestarikan lingkungan hidup melalui gerakan penanaman pohon dilakukan Pemkab Pangandaran, Jawa Barat.

Dalam kegiatan rehabilitasi sumber air yang berlokasi di Desa Karangkamiri, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran. Pemerintah melakukan penanaman 400 pohon pala dan menabur 25.000 benih ikan.

Kepala Desa Karangkamiri, Agus Salim, mengatakan, upaya rehabilitasi sumber mata air di wilayah Desa Karangkamiri dilakukan Pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui Dinas Pertanian.

Baca Juga : Polisi dan TNI Kembali Tanam Pohon di Pangandaran

“Pohon pala kita tanam di tanah milik desa yang merupakan daerah resapan air. Selain menanam pohon, juga menabur benih ikan di Sungai Cicepak sebanyak 25.000 ekor. Jenis ikan yang ditabur adalah nilem, tawes, mujair, dan ikan mas,” terang Agus, kepada HR Online, Kamis (09/07/2020).

Ia juga mengatakan, Desa Karangkamiri ke depan berencana membuat lokasi yang akan ditamani varietas durian, manggis, dan jenis buah lainnya. Lokasinya tersentral di satu titik dan bisa dijadikan wisata buah-buahan.

“Saya berharap masyarakat mematuhi aturan yang ada, agar kelestarian alam tetap terjaga. Jika hutan dan sungai terjaga, insya Allah masyarakat juga akan hidup nyaman, subur dan makmur,” pungkasnya. (Cenk/R3/HR-Online)

Loading...