Renault Kwid RXL Varian Baru dengan Layar Hiburan MediaNav 8 Inchi

Renault Kwid RXL Varian Baru dengan Layar Hiburan MediaNav 8 Inchi
Ilustrasi Renault Kwid RXL. Foto: Istimewa

Renault Kwid RXL menjadi salah satu varian baru model Kwid yang telah diumumkan oleh Renault India. Renault tipe RXL ini hadir dengan mesin 1000 cc.

Selain dilengkapi dengan mesin 1000 cc, Kwid RXL juga hadir dengan varian baru. Mobil ini memiliki media hiburan berupa MediaNav 8 inchi.

Varian RXL ini hadir dengan dua pilihan transmisi. Ada transmisi manual dan Automated Manual Transmission atau AMT.

Mobil ini menjadi pesaing bagi Suzuki S-Presso dan Datsun Redi-Go. Sementara untuk tipe 800cc, Kwid akan bersaing dengan Suzuki Alto.

Renault Kwid RXL 80 Jutaan

Renault Kwid yang telah meluncur secara global di India menjadi salah satu bukti. Dimana India memiliki peranan penting mendukung Grup Renault untuk tumbuh dan berkembang.

Bahkan varian baru Renault Kwid ini hadir dengan harga yang cukup terjangkau 80 jutaan saja. Varian Renault Kwid manual seharga 4,16 lakh rupee atau setara dengan 82 juta.

Sementara itu, untuk varian AMT, Kwid RXL ini dilepas di pasar India dengan harga 4,48 lakh rupee atau sekitar 87 juta.

Untuk bisa memberikan harga yang terjangkau bagi konsumen, Renault rela untuk memangkas berbagai fitur utamanya. Dalam hal ini, perbedaan yang ketara sekali adalah pada bagian head unit layar sentuh.

Bila dibandingkan dengan varian yang berada di atasnya, layar sentuh Kwid RXL berbeda. Disamping itu, juga tidak dipasangnya kamera mundur, cover jok, dan steering mounted controls.

Akan tetapi, meski begitu, Renault Kwid RXL ini memiliki berbagai fitur menarik yang akan membuat anda terpukau. Seperti adanya power window di bagian depan.

Ada pula instrument cluster serba digital serta head unit single DIN yang dilengkapi port USB dan Aux Connectivity.

Pada bagian mesin pacunya, mobil ini telah dibekali dengan mesin cukup mumpuni. Ada mesin 1.0 liter SCe atau Smart Control Efficiency.

Kwid telah menggunakan mesin tiga silinder. Mesin ini memiliki 12 katup. Jenis mobil yang memiliki panjang 3,7 meter ini mempunyai tangki bahan bakar dengan kapasitas 28 liter.

Jenis mesin seperti ini telah dirancang sedemikian rupa agar bisa menghasilkan daya optimal, baik saat melaju di jalan perkotaan yang rata maupun di jalan raya.

Baca Juga: Fitur Renault Triber Matik Berhasil Menarik Konsumen Indonesia

Seluruh varian Kwid telah dibangun dengan platform yang sama seperti Triber, yaitu dengan platform CMF-A.

Perkembangan Renault Kwid Indonesia

Bukan hanya di India, tetapi Renault Kwid ini juga dipasarkan di Indonesia. Namun yang beredar bukanlah Renault Kwid RXL, melainkan Renault Kwid Climber.

Kwid Climber sendiri di Indonesia menjadi salah satu varian tertinggi dari Renault. MRI atau PT Maxindo Renault Indonesia sebagai Agen Pemegang Merk memberikan harga 158,9 juta.

Bandrolan harga ini adalah untuk mobil OTR Jakarta. Sementara versi terbaru dari Renault Kwid sendiri telah meluncur pada Mei lalu.

Mobil tersebut meluncur sesudah diperlihatkan dahulu dalam pameran otomotif GIIAS 2019. Dimensi yang dimiliki oleh Renault Climber sendiri adalah 3.731 mm. Dengan lebar body 1.579 mm dan tinggi 1.474 mm atau 1.490 dengan roof rail.

Ukuran Renault Climber memang tak jauh beda dengan Renault Kwid RXL yang saat ini tengah diluncurkan di pasar India tersebut.

Sementara untuk masalah stabilitas, mobil ini juga memiliki jarak sumbu roda 2.422 mm. Dilengkapi dengan ground clearance hingga 184 mm yang bisa melibas berbagai medan jalan non aspal sekalipun.

Sementara itu, jika melihat pada bagian dapur pacu, Kwid Climber juga menggunakan mesin yang sama dengan Kwid RXL. Mesin yang digunakan adalah 1000 cc.

Bedanya Kwid Climber memiliki tenaga maksimum 66 Hp dalam 5.500 rpm serta torsi maksimum 91 Nm pada 4.250 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke bagian roda melalui transmisi AMT. Sedangkan pada Renault Kwid RXL menggunakan mesin 1.0 liter SCe atau Smart Control Efficiency.

Selain itu, Kwid RXL sendiri hadir di pasaran dengan 10 varian yang bisa menjadi pilihan anda. Varian tersebut mencakup penggunaan mesin 800 cc dan 1000 cc.

Bila anda penasaran dengan Kwid RXL ini, tampaknya harus sedikit bersabar. Sebab, sampai saat ini baik varian 800 cc ataupun RXL sendiri belum dipasarkan di Indonesia.

Sedangkan untuk Renault Kwid Climber telah dijual di pasar Indonesia dengan bandrol harga 158 jutaan. Kita tunggu saja kedatangan Renault Kwid RXL di Indonesia. (R10/HR-Online)

Loading...