RSUD Ciamis Datangkan Mesin PCR Bulan Depan, Hasil Swab Test Cepat

RSUD Ciamis Datangkan Mesin
Petugas RSUD Ciamis menunjukan tempat untuk menyimpan dan menggunakan mesin PCR. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Dalam mempercepat pelayanan dalam mendeteksi kasus Positif Covid-19. RSUD Ciamis datangkan mesin PCR (Polymerase Chain Reaction). Rencananya alat untuk mendeteksi virus Covid-19 itu akan datang bulan depan. 

Direktur RSUD Ciamis Rizali Sopyan membenarkan hal tersebut. Saat ini pihak RSUD tengah mempersiapkan ruangan untuk mesin PCR tersebut. Tujuannya agar pemeriksaan dan deteksi pasien yang terindikasi tertular virus corona dengan cara swab test atau tes usap lebih cepat.

“Sekarang sedang dalam tahap proses pengadaan alat PCR. Insya Allah bulan Agustus nanti sudah ada alatnya ,”ujar Rizali kepada HR Online Selasa (28/07/2020).

Selama ini menurut Dr.Rizali,  pemeriksaan swab test memerlukan waktu hingga 5 hari untuk mengetahui hasilnya. Karena sampel swab test harus di kirim terlebih dulu ke Labkesda Jawa Barat. Untuk itu RSUD Ciamis datangkan mesin PCR.

“Seluruh daerah di Jawa Barat yang belum mempunyai test PCR harus dikirim ke Labkesda Jawa Barat. Sehingga membutuhkan waktu sampai 5 hari untuk mengetahui hasilnya,” katanya. 

Selain mendatangkan alat PCR, RSUD Ciamis juga telah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Sehingga ketika alatnya sudah datang, swab test sudah bisa dilakukan di Ciamis.

Rizali menerangkan, sumber daya manusia (SDM) yang mempuni dalam pemeriksaan sudah di persiapkan maupun tempatnya sudah siap tinggal alatnya sajah yang sedang di proses . 

“Alat yang kami datangkan nanti bisa memeriksa 96 Sempel dalam waktu 4 jam. . Sehingga bisa mempercepat pemeriksaan pasien,” tuturnya.

Dengan RSUD Ciamis datangkan mesin PCR ini, Rizali berharap bisa lebih memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Deteksi pasien yang di duga Positif Covid-19 lebih cepat. (Fahmi/R9/HR Online)