Sinopsis Film Danur, Kisah Persahabatan dengan Makhluk Tak Kasat Mata

Sinopsis Film Danur, Kisah Persahabatan dengan Makhluk Tak Kasat Mata
Sinopsis Film Danur. Foto Istimewa

Sinopsis film Danur ini akan menampilkan mengenai kisah horor yang telah diadaptasi dari salah satu novel karya Risa Saraswati.

Film dengan genre horor ini dibintangi oleh artis ternama Indonesia seperti Prilly Latuconsina, Sandrinna Michelle Skornicki, Shareefa Daanish, Kinaryoshi, dan beberapa artis lainnya.

Baca Juga: Sinopsis Film Korea Arang Penuh Ketegangan Dari Kisah Pembunuhan

Berdurasi 78 menit, Danur disutradarai oleh sutradara Awi Suryadi dan telah rilis di bioskop pada 30 Maret 2017. Skenario film ini ditulis oleh Lele Laila bersama dengan Risa Saraswati serta Ferry Lesmana.

Sinopsis Film Danur

Film Danur menceritakan mengenai pertemuan seorang anak indigo yang namanya Risa Saraswati bersama sahabat-sahabat hantunya. Risa kecil selalu merasa kesepian sebab sang ayah harus bekerja di luar negeri serta hanya akan berkunjung tiap enam bulan sekali saja.

Di samping itu, ibu dari Risa, Elly selalu sibuk dengan pekerjaannya yaitu menjadi seorang guru. Ketika merayakan ulang tahun kedelapan, Risa berdo’a agar dirinya memiliki seorang sahabat agar dirinya tidak merasa kesepian lagi.

Tiba-tiba secara sangat misterius, muncul tiga orang anak laki-laki yang berusia sebaya dengan Risa. Anak laki-laki tersebut bernama Peter, William, dan juga Janshen. Namun anehnya, hanya Risa yang mampu melihat kehadiran mereka bertiga.

Hantu pada Masa Penjajahan

Akhirnya mereka memberi tahu Risa bahwa mereka adalah seorang hantu yang telah meninggal pada masa zaman penjajahan Jepang. Sejak saat itu, Elly kerap melihat tingkah laku anaknya yang sering tertawa sendiri layaknya tengah bermain dengan banyak teman.

Baca Juga: Film White House Down, Penyelamatan Epic Presiden Amerika

Sinopsis film Danur berlanjut pada kecurigaan Elly terhadap sikap Risa yang aneh. Melihat hal aneh tersebut, Elly kemudian memutuskan untuk memanggil seorang dukun bernama Asep.

Elly meminta Asep untuk menjelaskan hal apa yang sebenarnya terjadi pada sang anak. Asep lalu memperlihatkan wujud nyata ketiga sahabat Risa yang mengerikan berharap Risa takut lantas segera menjauhi mereka.

Memisahkan Risa

Sinopsis film ini berlanjut saat Elly melihat sang anak yang ternyata memiliki teman hantu, Elly kemudian mencari jalan untuk memisahkan Risa dengan teman-teman gaibnya.

Dengan sangat terpaksa, Risa harus pindah rumah ke rumah sang nenek. Sinopsis film Danur terus berlanjut. Sembilan tahun berlalu, Risa kemudian kembali menuju ke rumah tersebut untuk menjaga sang nenek.

Tidak sendiri, Risa ditemani oleh sang adik dan juga sepupunya Riri serta Andri. Ketika tengah bermain di luar rumah, Riri menghampiri sebuah pohon beringin besar dan menemukan sebuah sisir tua.

Pohon beringin tersebut merupakan salah satu tempat yang paling ditakuti oleh sahabat-sahabat hantu Risa pada waktu kecil. Melihat hal tersebut, Risa kemudian memperingatkan Riri untuk menjauh dari pohon beringin tersebut.

Kejadian-Kejadian Aneh

Hingga pada suatu malam, seorang perempuan yang bernama Asih datang ke rumah dan mengaku sebagai pengasuh dari sang nenek yang telah dipekerjakan oleh ibu Andri.

Namun, Risa merasa janggal melihat tingkah laku Asih yang jauh lebih tertarik kepada Riri. Sejak saat itu, berbagai kejadian yang janggal pun mulai mengganggu Risa.

Sinopsis film Danur semakin menegangkan ketika Risa menyadari Asih bukanlah seorang manusia. Hal itu terlihat ketika Andri tidak dapat melihat kehadiran Asih.

Riri Menghilang

Sinopsis film Danur mencapai puncaknya ketika Riri yang tiba-tiba menghilang. Ternyata pelaku penculikannya adalah roh jahat Asih. Tak kuasa melihat adiknya yang diculik, Risa kemudian kembali menghubungi Peter, William, dan Janshen.

Hal ini dilakukan untuk meminta sebuah pertolongan selamatkan Riri. Risa harus menyelamatkan adik dari Asih yang berniat untuk bawa Riri menuju dunia yang lain.

Keunggulan Film

Melihat sinopsis film Danur yang sangat horor dan menegangkan ini, sang produser Sian S Faisal menjanjikan bahwa filmnya kali ini berbeda dengan film yang lain. Film Danur merupakan satu-satunya film horor yang mengangkat bahwa tidak semua hantu memiliki sifat yang jahat.

Film yang diangkat dari kisah pribadi Risa Saraswati ini mendapatkan jumlah penonton yang sangat fantastis yaitu 2.736.391 dan 2.572.871 orang pada penayangan seri pertama serta keduanya.

Jika dilihat dari pertengahan hingga menuju ending film, terlihat begitu intens emosi yang diberikan. Bahkan para penonton dapat membayangkan bagaimana kehidupan nyata dari Risa Saraswati. (R10/HR-Online)

Loading...