Sinopsis Film Korea Haeundae, Usaha Menyelamatkan Diri Dari Tsunami

Sinopsis Film Korea Haeundae
Sinopsis Film Korea Haeundae. Foto Istimewa

Sinopsis film Korea Haeundae atau yang juga dikenal dengan Tidal Wave ini adalah sebuah film besutan sutradara Yoon Je Kyun. Film ini juga menempati posisi ke-16 sebagai film terlaris sepanjang masa di Korea.

Hal ini dipengaruhi oleh keberhasilannya dalam meraih kursi penonton sebanyak 10 juta tiket di bioskop Korea Selatan. Sehingga, ini adalah sebuah keberhasilan yang juga diraih oleh Yoon Je Kyun sebagai seorang sutradara yang mampu membesut angka tersebut.

Selain Haeundae, Je Kyun telah menggarap film Korea dengan judul Sex is Zero dan juga Ode to My Father. Haeundae ini juga telah tayang di bioskop Korea Selatan secara perdana pada 23 Juli 2009.

Baca Juga: Sinopsis The Man From Nowhere, Kembalinya Aksi Mantan Agen Rahasia

Dengan perolehan keuntungan sebesar USD74,4 juta dari modal awal yakni USD16 juta. Lalu, bagaimana kisah film ini hingga mampu meraih begitu banyak penonton di bioskop? Simak ulasannya sebagai berikut.

Sinopsis Film Korea Haeundae

Film Haeundae ini banyak menyoroti beberapa kisah dari orang-orang yang terperangkap bencana tsunami.

Man Sik merupakan seorang warga lokal yang memiliki keseharian mencari ikan. Ia pun Kehilangan rekannya saat lima tahun yang lalu. Ketika itu, ia dan rekannya yang merupakan ayah dari sang kekasih itu hilang akibat tsunami.

Oleh karena itu, ia pun tak mau lagi kembali ke Haeundae. Kemudian dalam sinopsis film Korea Haeundae ini, ia pun memilih untuk hidup sederhana dan membuka sebuah kedai makanan. Ia pun juga tengah bersiap untuk melamar sang kekasih yakni Yeon Hee.

Pantai yang mengalami tsunami ini lokasinya berada di ujung tenggara dari Semenanjung Korea. Kemudian pantai ini juga merupakan salah satu bagian dari teritorial Busan.

Dalam tiap tahun, pantai ini dikunjungi oleh jutaan orang. Sehingga, menjadikan pantai ini sangat populer dan begitu ramai tiap harinya.

Tsunami di Haeundae

Sinopsis film Korea Haeundae selanjutnya, adanya sebuah aktivitas terjadi di Laut Jepang. Aktivitas ini pun menunjukkan kemiripan dengan apa yang terjadi di Samudera Hindia. Fenomena tersebut terjadi pada tahun 2004 yakni sebuah gempa yang terjadi di dalam laut.

Melalui Badan Pencegahan bencana dari Korea Selatan tak mengindikasikan risiko bahaya. Namun, kenyataannya tsunami terbentuk di dekat Jepang dan mulai bergerak ke arah Haeundae.

Dalam sinopsis film Korea Haeundae ini, Kim Hee selaku petugas dari Badan Pencegahan Bencana Korea, memberikan para turis waktu 10 menit untuk menyelamatkan diri.

Kemudian terjadi sebuah gempa susulan yang pendek di pantai tersebut. Saat pantai mulai surut, para turis pun histeris seketika karena menyadari tsunami akan segera datang.

Ribuan orang pun dengan panik menyelamatkan diri mereka. Namun, tak terelakkan saat itu juga tsunami pun datang menghampiri mereka.

Di film ini pun menyoroti bagaimana tokoh utama, yakni Man Sik melewati bencana tsunami tersebut. Kemudian juga tentang bagaimana orang-orang meregang nyawa yang disebabkan oleh kejadian tersebut.

Sekilas Tentang Film Haeundae

Film berdurasi 129 menit ini didistribusikan oleh CJ Entertainment dan digarap oleh sutradara Yoon Je Kyun. Kemudian, ia juga menggaet penulis naskah film Kim Whee dan juga Yoo Sung Hyub.

Sinopsis film Korea Haeundae ini juga diperankan oleh deretan aktor dan aktris ternama Korea. Mereka adalah Sok Kyung Gu, Ha Ji Won, Uhm Jung Hwa, Kang Ye Won, Lee Min Ki, Kim In Kwon, Song Jae Ho dan Kim Ji Young. Kemudian juga dibantu leh Yeo Ho Min dan juga aktris kecil Kim Yoo Jung.

Sutradara yang ada dibalik film Haeundae ini juga telah sukses membesut beberapa film populer seperti Sex is Zero (tahun 2002), My Boss, My Hero (tahun 2001), dan Miracle on 1st Street (tahun 2007). Lalu, juga film Ode to My Father (tahun 2014) serta Hero (tahun 2020).

Film Haeundae ini juga berhasil menyabet penghargaan di Blue Dragon Film Award 2009 dalam kategori Most Popular Film dan Tropical Award. Selain itu, juga berhasil menggondol pulang piala daejong Film Award 2009 sebagai Best Production.

Kemudian, sinopsis film Korea Haeundae ini juga mendapatkan banyak lagi penghargaan dari festival-festival film lainnya yang sukses memberikan kemenangan. (R10/HR-Online)