Meski Masa Pandemi Covid-19, SMK di Pangandaran Tetap Gelar PKL

SMK di Pangandaran Tetap Gelar PKL
SMKN 1 Padaherang, Kabupaten Pangandaran menggelar PKL di tengah pandemi Covid-19. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Meski masih di tengah pandemi Covid-19, namun SMK di Pangandaran ini tetap menggelar program Praktek Kerja Lapangan (PKL).

SMKN 1 Padaherang merupakan salah satu sekolah yang tetap menggelar PKL namun dengan menerapkan protokol kesehatan.

Oo Kosidin, Wakil Kepala SMKN 1 Padaherang, mengatakan, PKL selalu rutin digelar setiap tahun. Untuk pelaksanaan tahun ini memang sedikit berbeda dibanding tahun sebelumnya, lantaran masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“PKL setiap tahun diikuti siswa kelas XII dan kelas XIII, totalnya ada 606 siswa. Namun kami pastikan saat pelaksanaan PKL semua siswa menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19,” ujar Oo, Senin (27/7/2020).

PKL pada tahun ini, siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok berjumlah lima orang siswa.

“Untuk proses edukasi atau pembelajarannya, waktunya tentatif,” jelas Oo.

Meski PKL dilaksanakan dalam suasana pandemi Covid-19, namun para siswa SMK di Pangandaran ini diharapkan mampu menghasilkan inovasi berupa produk baru yang belum pernah ada sebelumnya.

“Apabila ada inovasi baru, nantinya menjadi salah satu unggulan sekolah dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat banyak,” kata Oo.

Produk baru yang dihasilkan siswa tersebut akan menjadi ruh sekolah, termasuk juga tolak ukur keberhasilan dan kemajuan sekolah.

Oo menuturkan, jika dulu pada pelaksanaan PKL, siswa yang datang ke perusahaan ataupun industri, maka pada pelaksanaan PKL tahun ini, pihak perusahaan yang datang ke sekolah untuk memberi edukasi.

“PKL tahun ini, semua siswa tetap berada di sekolah. Namun untuk prakteknya ada di tiga tempat, yakni di sekolah, di masyarakat, dan di rumah,” katanya.

Oo menegaskan, pada pelaksanaan PKL, para siswa SMKN 1 Padaherang diwajibkan mengikuti peraturan dari Dinas Pendidikan.

“Jadi saat pelaksanaan PKL, kita menerapkan standar protokol kesehatan,” pungkasnya. (Entang/R7/HR-Online)