Suzuki GSX150 Bandit, Naked Bike yang Nyaman untuk Boncengan

Suzuki GSX150 Bandit, Naked Bike yang Nyaman untuk Boncengan
Ilustrasi Suzuki GSX150 Bandit. Foto : Istimewa

Suzuki GSX150 Bandit menjadi salah satu motor yang telah dihadirkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales. Kabarnya motor Indonesia ini akan disebar di pasar Taiwan.

GSX150 Bandit akan segera menyusul GSX-S150 dan GSX-R150 ke Taiwan. Informasi ini telah diungkap langsung oleh Taiwan Bell sebagai pemegang merk.

Secara spesifik, bahkan pihaknya telah menetapkan tanggal distribusi motor ini ke tangan konsumen. Tanggal tersebut jatuh pada 23 Juli 2020 nanti.

Motor ini hadir dengan empat pilihan warna menarik. Ada warna merah, hitam, abu-abu, dan putih. Namun sayang, informasi harganya belum diketahui secara resmi.

Penampakan Suzuki GSX150 Bandit

Motor ini memiliki penampilan yang cukup mengesankan. Lampu bagian depannya menggunakan jenis lampu LED.

Selanjutnya ada juga panel meter yang lengkap dengan full digital. Sampai disematkannya model pelek palang yang digunakan.

Selanjutnya di area samping ada shroud sebagai salah satu penegas karakter tangguh yang dimiliki. Sajian tersebut dibuat dengan selaras didukung dengan rancang bangun terbaik.

Ini semua karena vendor selalu mengutamakan kenyamanan bagi pengendara GSX150 Bandit ini. Seperti bila dilihat pada bagian setang motor yang digunakan. Lebar dan ketinggiannya seperti GSX-R150.

Meski demikian, kemudi milik Suzuki GSX150 Bandit ini lebih kecil. Nyatanya radius putarnya terbukti lebih besar. Sebesar 40 derajat ke kiri dan kanan.

Selain itu, pada bagian footstep motor ini sengaja ditempatkan pada posisi rendah. Tujuannya adalah untuk memberikan efek berkendara yang cukup rileks. Sama seperti pijakan kaki untuk penumpang.

Dimensi yang Dibawa

Jika kita membandingkan motor ini dengan GSX-R atau GSX-S, maka GSX Bandit ini memiliki dimensi yang lebih pendek 50 mm serta maju 30 mm.

Anda bisa bayangkan posisi seperti ini akan membuat anda lebih nyaman ketika berkendara jarak jauh. Berboncengan pun juga tidak terlalu capek.

Selain itu, ada pula penopang bokong yang disematkan pada motor ini. Dudukannya nyaman sebab tidak dibuat dengan model terpisah.

Jok yang dimiliki oleh Suzuki GSX150 Bandit ini lebih tebal 5 mm jika dibandingkan dengan GSX series lainnya. Walau memang bentuknya tidak terlalu besar.

Baca Juga : Suzuki Gixxer 250, Tampil dengan Konsep Motor Street Fighter

Ketika anda mengendarai GSX Bandit ini, maka anda tak perlu khawatir. Sebab, motor naked bike ini mempunyai ground clearance 150 mm.

Sedangkan khusus pada bagian jok belakangnya sangat bersahabat. Sebab area buritan khususnya rangka belakang mendapatkan penurunan sebesar 8 cm.

Motor ini memiliki dimensi yang sangat kompak. Dimensinya adalah 2.000 x 745 x 1035 mm. Dengan begitu, cukup ideal walaupun nyatanya berat tubuhnya 5 kg lebih berat dibandingkan GSX-S150.

Meski demikian, laju Suzuki GSX150 Bandit ini tetap akomodatif. Sehingga kenyamanan berkendara anda semakin terasa. Apalagi ketika anda berboncengan.

Performa Mesin

Memiliki berat tubuh yang lebih besar, GSX150 Bandit nyatanya memiliki performa yang mumpuni. Motor ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 18,9 Hp/10.500 rpm.

Selain itu, motor ini juga memiliki torsi maksimal 14 NM dengan putaran 9.000 rpm. Output yang dihasilkan dari mesin DOHC 4-tak dengan satu silinder ini memiliki kapasitas 150 cc.

Sebenarnya motor ini memiliki kemampuan meraung di RPM menengah ke atas. Ini semua tak lepas dari adanya konfigurasi broke x stroke: 62.0 x 48.8 mm overbore.

Pastinya Suzuki GSX150 Bandit ini bisa bernapas dengan lebih panjang. Dengan demikian, motor ini sangat pas untuk kebutuhan touring.

Motor ini memiliki kekuatan canggih dalam meredam permukaan jalan. Caranya dengan pemberian fork teleskopik yang disematkan di bagian depan.

Lengkap dengan monoshock yang ada pada roda belakang. Sedangkan sistem penghenti lajunya telah mengandalkan komposisi tromol dan cakram depan belakang.

Harga

Meski di awal sudah disebutkan GSX150 Bandit di Taiwan belum dirilis secara resmi harganya. Akan tetapi, kemungkinan besar penetapan banderol harga serupa dengan Indonesia.

Baca Juga : Yamaha Force 155 2020 Edisi Ulang Tahun, Bawa Mesin Serupa NMAX

GSX150 Bandit akan dijual seharga Rp 26,9 juta. Nominal ini terpaut Rp 500 ribu bila dibandingkan dengan GSX-S150.

Terpaut 3,7 juta bila dibandingkan dengan GSX-R150. Jadi, motor jenis naked nike dari Suzuki ini memang tergolong lebih murah dibandingkan seri lain di kelasnya.

Wajar bila harga Suzuki GSX150 Bandit lebih murah. Sebab secara desain, motor ini lebih mengedepankan utilitas daripada stylenya. (R10/HR-Online)