Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita CiamisTekan Angka Perceraian, Kepala KUA di Ciamis Minta BP4 Diberdayakan

Tekan Angka Perceraian, Kepala KUA di Ciamis Minta BP4 Diberdayakan

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Guna menekan angka perceraian yang kian meningkat, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Wawan, meminta agar Badan Penasihat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) lebih diberdayakan.

Kata Wawan, tingginya kasus perceraian di Kabupaten Ciamis, salah sat nya bisa disebabkan karena kurangnya peran BP4.

BP4 seharusnya memberikan nasihat perdamaian bagi suami istri yang mengalami keretakan rumah tangga dan diambang perceraian.

“Namun kenyataanya BP4 ini banyak dilangkahi kurang diberdayakan, sehingga angka perceraian di Ciamis meningkat,” ujarnya, Selasa (28/7/2020).

Wawan menjelaskan, BP4 merupakan organisasi yang bersifat sosial keagamaan dan merupakan mitra Kementerian Agama dan instansi terkait.

Tugas BP4 yakni meningkatkan kualitas perkawinan umat islam melalui pembinaan dan bimbingan, agar bisa terwujud keluarga yang sakinah.

“BP4 itu sendiri terbentuk atas dasar meningkatnya angka perceraian,” jelas Wawan.

Wawan menambahkan, hampir di setiap Kecamatan, BP4 seolah olah tidak diberdayakan.

Sehingga begitu ada yang mengalami keretakan dalam rumah tangga, BP4 tidak bisa menasehati dan membinanya terlebih dahulu.

Kondisi saat ini lanjutnya, BP4 hanya membina, membimbing dan menasehati pasangan yang mau menikah saja.

“BP4 hanya berlaku dan dilaksanakan untuk kalangan Pegawai Negeri Sipil atau PNS yang mau melakukan perceraian,” pungkasnya. (Edji/R8/HR Online)

- Advertisment -