Tim Polda Jabar Periksa Desa Sindangasih Ciamis, Ada Apa?

Tim Polda Jabar
Tim Polda Jabar melakukan pemeriksaan fisik pembangunan di Desa Sindangasih, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Rabu (1/7/2020).

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tim Polda Jabar bersama inspektorat dan PUPR Kabupaten Ciamis mendatangi Desa Sindangasih, Kecamatan Banjarsari untuk melakukan pemeriksaan fisik pembangunan yang dibiayai anggaran Dana Desa, Rabu (01/07/2020).

Kedatangan Polda Jabar tersebut menyusul adanya laporan warga ke Polda Jabar terkait dugaan penyalahgunaan anggaran pembangunan di Desa Sindangasih.

Penjabat Kepala Desa Sindangasih, Fatonah kepada HR Online membenarkan hal tersebut. pemeriksaan tersebut. Menurutnya, saat ini Desa Sindangasih tengah dalam pemeriksaan tim Polda Jabar.

“Iya hari ini ada pemeriksaan pembangunan fisik yang didanai oleh anggaran Dana Desa tahun 2017 hingga 2019, dimana yang terjun saat ini adalah Polda Jabar, Inspektorat Kabupaten Ciamis dan Dinas PUPRP,” katanya.

Fatonah mengaku kurang mengetahui secara jelas persoalan yang tengah terjadi di wilayah yang saat ini dipimpinnya.

“Terus terang saja, saya kurang begitu tahu apa persoalan yang terjadi. Hanya saja, sewaktu saya ditugaskan untuk menjabat sebagai kepala desa di sini, itu sudah muncul persoalan,” terangnya.

Menurut Fatonah, dari informasi yang didapatnya, ada warga yang memberikan laporan langsung ke pihak Polda Jabar.

“Saat tiga hari pertama kerja, memang sudah ada turun pihak Polda untuk mengamankan berkas dari desa kami, namun terkait persoalannya, saya kurang begitu tahu apa saja sih yang masuk dalam pelaporan tersebut,” katanya.

Saat ini, lanjut Fatonah, tim Polda Jabar bersama inspektorat dan PUPRP tengah melakukan pemeriksaan pembangunan fisik. 

“Mereka kini sedang ke lapangan untuk memeriksa pembangunan fisik yang dibangun pada tahun 2017 sampai 2019. Selain itu, ada juga pemeriksaan terhadap MUI serta Linmas yang ada di desa kami ini,” kata Fatonah.

Mengenai urusan tersebut, pihaknya menyerahkannya kepada petugas penegak hukum. “Itu sudah ranah beliau-beliau ya, jadi saya tidak bisa menjelaskan semuanya,” katanya.

Fatonah menjelaskan kasus yang saat ini tengah dalam pemeriksaan tim Polda Jabar terjadi saat Desa Sindangasih dipimpin oleh kepala desa definitive.

“Kalau saya kan hanya sebatas ditugaskan sebagai penjabat sementara saja,” tandasnya. 

Tim Polda Jabar Tidak Memberi Keterangan

Hingga berita ini dibuat, HR Online belum bisa meminta keterangan terkait persoalan tersebut. Petugas dari Polda Jabar maupun Inspektorat tidak memberikan penjelasan apa-apa. Petugas terkesan bungkam dan tidak bisa memberikan keterangan pers.

Sementara itu, tokoh pemuda desa Sindangasih, Elan berharap para petugas bisa menjalankan tugas dengan tegas serta memberikan kejelasan secara transparan kepada masyarakat.

“Sebagai warga, kami hanya berharap petugas bisa melaksanakan tugasnya secara adil serta terbuka. Hal ini demi terciptanya kepercayaan publik terhadap penegakan hukum saat ini,” katanya. (Suherman/R7/HR-Online)

Loading...