Tips Membeli Mobil Bekas dengan 5 Cara Ampuh dan Efisien

Tips Membeli Mobil Bekas dengan 5 Cara Ampuh dan Efisien
Ilustrasi Tips membeli mobil bekas. Foto: Istimewa

Tips membeli mobil bekas ternyata beragam. Mobil merupakan kendaraan pribadi roda empat yang menjadi kebutuhan pokok saat ini. Selain untuk bepergian, kadang mobil juga bisa dijadikan peluang usaha.

Faktor transportasi yang ada memang terkadang membuat penumpang kurang merasa nyaman. Hal inilah yang mendorong sebagian orang memilih untuk memiliki mobil pribadi.

Baca Juga : Poles Kaca Mobil Bisa Atasi Baret dan Goresan dengan Cepat

Variasi mobil saat ini mengalami perkembangan yang cukup cepat. Harga yang ditawarkan juga cukup beragam. Mobil baru memang harganya mahal, karena itulah terkadang masih banyak orang yang tidak kuat untuk membelinya.

Solusi yang tepat yaitu memilih membeli mobil bekas. Tips membeli mobil bekas bisa dilakukan untuk mendapatkan mobil dengan kualitas yang bagus. Ketelitian dalam memilih mobil bekas perlu diperhatikan dengan baik agar anda tidak salah pilih.

Apalagi bagi anda yang awam akan dunia otomotif, pasti memilih mobil bekas hanya dilihat dari tampilannya saja. Sebaiknya pilih mobil bekas yang berkualitas dan masih bagus dengan memperhatikan beberapa hal.

Jika anda tidak mau kecewa, bisa minta bantuan pada ahli otomotif yang mengetahui tentang onderdil mesin mobil. Jika tidak, ketahui dulu apa saja hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas.

Tips Membeli Mobil Bekas

Pembelian mobil bekas juga meningkat seperti penjualan mobil baru. Mobil bekas banyak dilirik karena harganya cukup terjangkau. Namun, masih banyak orang yang kecewa saat membeli mobil bekas.

Banyak pemilik showroom mobil bekas yang menjual mobil dalam keadaan kurang prima. Oleh karena itu, saat membeli mobil bekas, perhatikan beberapa hal penting.

Gunakan tips membeli mobil bekas agar dapat yang baik dan berkualitas. Sulitnya mengidentifikasi mobil bekas memang menjadi hal yang perlu diperhitungkan. Beli mobil bekas dengan tips berikut ini agar tidak salah pilih.

1. Tempat Pembelian

Trik pertama yang bisa dilakukan agar tidak kecewa dalam memilih mobil bekas yaitu pemilihan tempat. Banyaknya penjual mobil bekas terkadang membuat anda merasa bingung saat ingin membeli.

Jika ada orang yang ingin menjual mobil secara langsung, bisa saja anda pilih. Tidak seperti di showroom, anda bisa memilih berbagai jenis mobil.

Baca Juga : Penyebab Remote Mobil Tidak Berfungsi, Bisa Karena Baterainya Lemah

Perlu diketahui jika membeli langsung pada pihak pertama membuat anda lebih hemat biaya. Tidak ada salahnya jika membeli mobil bekas dari pihak pertama yang ingin jual mobil. Selain harganya lebih murah, anda juga bisa ketahui kondisi mobil.

2. Eksterior Mobil

Eksterior mobil adalah bagian utama yang sering diperhatikan dalam tips membeli mobil bekas. Silahkan cek bagian eksterior mobil, terutama bagian body mobil.

Lihat kondisinya apakah masih bagus atau tidak dengan memperhatikan beberapa hal. Perhatikan cat, apakah ada goresan hingga kondisi kaca mobil.

Jangan lupa perhatikan lampu apakah masih menyala dengan normal dan tidak pecah. Hal ini perlu ketelitian yang cermat agar anda tidak kecewa ketika sudah membelinya.

3. Performa Mesin

Hal yang paling utama sebagai tips membeli mobil bekas yaitu komponen mesin mobil. Bagian ini perlu sekali dicermati dengan baik yang dapat berpengaruh pada kinerja mobil itu sendiri.

Baca Juga : Cara Jumper Aki Mobil dengan Langkah yang Tepat dan Aman

Saat mengecek mesin, anda bisa dengar apakah mesin masih bagus atau tidak. Pastikan suaranya halus, lakukan oper gigi untuk pengecekan, apakah masih berjalan baik atau tidak.

Saat melakukan tes drive, cobalah melewati kondisi jalan yang tidak bagus yang berfungsi untuk pengecekan kaki-kaki mobil. Saat melakukan pengecekan, ajak penjual mobil bekas untuk menjelaskan kondisi mobil yang sebenarnya

4. Cek Box Transmisi

Saat membeli mobil bekas, entah itu matik atau manual, sebaiknya cek juga bagian box transmisi. Hindari pemilihan mobil bekas dengan bocornya oli dari celah box transmisi.

5. Cek Dokumen Kendaraan

Membeli mobil bekas, hal penting yang tidak kalah harus diperhatikan adalah surat-surat mobil yang akan dibeli. Jika sudah mengetahui tentang komponen hingga kondisi mesin, sebaiknya cek suratnya.

Pastikan surat-surat penting seperti BPKB dan STNK benar-benar ori dan tidak dipalsukan. Anda bisa lakukan pengecekan ke Polda atau kantor Samsat terdekat. Lakukan tips membeli mobil bekas salah satunya dengan mengecek dokumen mobil yang akan dibeli. (R10/HR-Online)