Tips Memilih Helm yang Baik dan Nyaman Digunakan

Tips Memilih Helm yang Baik dan Nyaman Digunakan
Ilustrasi Tips Memilih Helm. Foto: Istimewa

Tips memilih helm bisa anda gunakan untuk mendapatkan jenis helm yang standar dan nyaman. Helm merupakan alat pelindung kepala yang penting untuk dimiliki. Oleh karena itu, perlu perhatikan beberapa hal saat membeli helm.

Helm juga digunakan untuk kelengkapan berkendara sebagai penjaga keselamatan. Wajib bagi pengendara sepeda motor untuk mengenakan helm. Sehingga pilih helm yang nyaman dan perhatikan dengan baik.

Masih banyak orang yang membeli helm tanpa memperhatikan beberapa hal. Sebagian besar membeli helm hanya dilihat dari tampilannya saja. Padahal ada tips memilih helm yang baik dan benar.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi, misal tipe helm, desain, hingga harga. Anda pastikan memilih helm dengan teliti agar nyaman dikenakan.

Tips Memilih Helm yang Baik

Helm memiliki peranan penting untuk menjaga keselamatan saat berkendara. Helm dapat melindungi pengendara sepeda motor dari benturan saat terjadi kecelakaan.

Jangan sampai memilih helm secara sembarangan, termasuk dari segi ukuran helm. Jangan biarkan helm yang anda pilih memiliki ukuran kebesaran, bahkan terlalu kecil. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan anda saat memakainya.

Sebaiknya jangan asal pilih helm saat membeli. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan helm yang baik dan nyaman digunakan.

Model

Ada dua model helm yang beredar di pasaran yaitu full face atau half face. Sebaiknya gunakan sesuai preferensi dan kegunaannya.

Helm half face bisa anda gunakan untuk sehari-hari untuk dapat melindungi kepala dari benturan. Namun, saat bepergian jarak jauh, sebaiknya anda pilih helm model full face.

Model ini lebih baik karena dapat melindungi seluruh bagian kepala secara utuh. Sebaiknya pilih sesuai keamanan anda bepergian.

Ukuran

Tips memilih helm berikutnya yaitu sesuaikan dengan ukuran kepala anda. Sebab ukuran dapat berpengaruh pada kenyamanan pemiliknya. Pastikan helm yang anda pilih tidak berukuran terlalu besar atau terlalu sempit.

Jika anda memilih helm berukuran sempit, dapat membuat sakit di bagian kanan, kiri, hingga kepala. Jika terlalu longgar, anda tidak akan memperoleh kenyamanan karena helm bergerak pada saat tertiup angin.

Apalagi jika terjadi benturan helm longgar, justru dapat membahayakan. Cara untuk memastikan ukurannya, sebaiknya anda gelengkan kepala saat mencobanya. Jika terjadi pergeseran, berarti helm terlalu longgar.

Kaca Helm

Saat memilih helm, perhatikan juga bagian kaca helm. Ada dua jenis visior atau kaca helm, yaitu bening atau tinted (memiliki aksen warna).

Sebenarnya memilih kaca helm bisa sesuaikan dengan selera dan kenyamanan masing-masing. Namun, alangkah baiknya jika memilih jenis kaca yang bening.

Sebab, dapat berpengaruh pada penglihatan anda saat berkendara. Penglihatan akan tetap jelas meski dalam keadaan hujan dan malam hari.

Kunci Helm

Pada bagian helm yang tidak kalah penting perlu diperhatikan yaitu bagian kuncinya. Tips memilih helm yang baik yaitu kunci yang berfungsi dengan pas.

Kunci pada helm terdiri dari 3 macam mekanisme penguncian, yaitu Quick Release, Micro Metric, dan Double D-ring. Quick Release merupakan model penguncian yang umum serta memiliki bunyi khas “klik” saat dikunci.

Micro Metic memiliki sistem penguncian gerigi di bagian kedua sisinya yang berguna untuk saling mengunci. Sedangkan jenis Double D-ring memiliki tipe penguncian helm standar balap dengan tingkat keamanan yang baik.

Pemilihan tali pengunci pada helm perlu diperhatikan agar helm tidak mudah lepas. Sehingga jika terjatuh atau terjadi benturan tetap tertahan melindungi kepala.

Helm Bersertifikat

Tips memilih helm yang baik perlu diketahui apakah bersertifikat atau belum. Pilih helm yang memenuhi standar keamanan dan lolos uji. Helm dengan sertifikat lebih aman dibanding yang tidak.

Misalnya saja DOT, SNI, atau SNELL yang sudah teruji berhasil sesuai standar. Biasanya helm yang memiliki sertifikat akan lebih baik digunakan untuk keamanan kepala anda.

Helm banyak beredar di pasaran dengan berbagai model dan ukuran. Anda bisa memilih sesuai  selera, namun sebaiknya perhatikan dengan teliti.

Agar dapat memperoleh helm yang baik dan nyaman digunakan, tidak ada salahnya gunakan tips memilih helm. Jika dipilih dengan baik, kepala akan terlindung dari benturan. (R10/HR-Online)

Loading...