Token Listrik Gratis Bulan Juli 2020, Cek di Sini Cara Mendapatkannya

Token Listrik Gratis Bulan Juli 2020
Token Listrik Gratis Bulan Juli 2020. Foto: Istimewa

Token listrik gratis bulan Juli 2020 bisa kembali didapatkan bagi pelanggan PLN subsidi daya 450 VA dan 900 VA. Sebelumnya program listrik gratis yang diluncurkan PLN karena wabah Covid-19 hanya sampai bulan Juni 2020. Namun pemerintah memperpanjangnya hingga bulan Desember 2020.

Baca Juga: Subsidi Listrik Gratis untuk Warga Miskin Tahun 2021

Perlu diingat juga yang mendapatkan token listrik gratis hanya untuk pelanggan PLN subsidi dengan kode R1-450 VA prabayar dan R1-900 VA.

Bagi pelanggan 450 VA subsidi, token listrik gratis bisa didapatkan 100 persen, sementara untuk pelanggan R1 900 VA mendapat diskon 50 persen.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengklaim token listrik gratis dari PLN, yakni melalui website resmi PLN ataupun via chat WhatsApp PLN.

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Bulan Juli 2020

Seperti dijelaskan sebelumnya, untuk mendapatkan token listrik gratis dari PLN, Anda bisa login melalui website resmi PLN, ataupun bisa melalui WhatsApp. Berikut penjelasannya:

Login di Website Resmi PLN

Website resmi PLN www.pln.co.id, Anda cukup membuka alamat website tersebut, dan langsung pilih menu stimulus Covid-19, klik menu token gratis/diskon.

Selanjutnya Anda tinggal memasukkan ID pelanggan atau nomor meteran. Nantinya token gratis dari PLN akan terlihat di layar.

Jika sudah mendapatkan nomor token listrik gratis bulan Juli 2020, maka Anda masukkan nomor tersebut ke meteran KWH.

Chat WhatsApp 08122123123

Selain melalui website resmi PLN, Anda juga bisa mendapatkan token listrik gratis dari PLN dengan chat WhatsApp di nomor 08122-123-123.

Anda tinggal buka aplikasi WhatsApp, selanjutnya chat WhatsApp 08122123123, nanti Anda akan diminta untuk memasukkan ID pelanggan. Masukkan ID Pelanggan.

Selanjutnya token listrik gratis dari PLN akan muncul, Anda tinggal mencatatnya dan masukkan ke meteran KWH.

Pelanggan PLN Subsidi dan Non Subsidi

Token listrik gratis bulan Juli 2020 tidak diberikan untuk semua pelanggan PLN, tapi hanya untuk pelanggan subsidi. Apakah Anda termasuk pelanggan PLN subsidi atau bukan? Berikut cara membedakannya seperti dikutip dari Instagram resmi PLN:

Pelanggan PLN daya 900 VA bisa jadi adalah pelanggan subsidi, cara melihat apakah Anda pelanggan subsidi atau tidak adalah dengan mengecek struk pembayaran sebelumnya.

Anda lihat dulu kolom tarif/daya pada struk tersebut. Jika tertulis kode R1, berarti Anda pelanggan PLN yang berhak mendapatkan token listrik gratis.

Sebaliknya apabila dalam kolom tarif/daya pada struk pembayaran tertera kode R1M, mohon maaf Anda termasuk pelanggan PLN Non Subsidi, karena itu tidak berhak mendapatkan token listrik gratis bulan Juli.

Token Listrik Gratis untuk Pelanggan Bisnis/Industri Kecil

Kabar gembira lainnya, selain listrik gratis dari PLN diperpanjang, untuk pelanggan PLN bisnis kecil dan industri kecil dengan daya 450VA, Anda juga berhak mendapat listrik gratis mulai bulan Mei sampai Oktober 2020.

Selama 6 bulan para pelaku bisnis kecil dan industri kecil bisa mendapat listrik gratis. Hal ini dirilis dalam Instagram PLN.

Pelanggan PLN bisnis kecil maupun industri kecil yang berhak mendapat token listrik gratis dari PLN adalah pelanggan dengan kode B1/450 VA dan I1/450 VA. Anda bisa mengeceknya lewat struk pembayaran bulan sebelumnya.

Perpanjangan Program Listrik Gratis Hingga September

Token listrik gratis bulan Juli 2020 bisa didapatkan setelah pemerintah memperpanjang program ini sampai September. Hal ini diumumkan oleh Hendra Iswahyudi yang menjabat sebagai Direktur Kementerian ESDM Bidang Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan.

Hendra mengatakan, program listrik gratis untuk pelanggan 450 VA, sementara untuk pelanggan PLN daya 900 VA subsidi mendapat diskon 50 persen dari jumlah tagihan.

Sehingga listrik gratis bukan hanya untuk pelanggan prabayar yang menggunakan token namun juga pelanggan PLN pascabayar.

Setelah berakhirnya program awal mulai April sampai Juni, kini dilanjutkan mulai Juli sampai September. Hal itu sesuai dengan keputusan pada Rapat Terbatas 3 Juni 2020 lalu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga mengatakan, program subsidi listrik bagi pelanggan 450 VA dan 900 VA dilanjutkan sampai September. Hal itu dikatakan Sri Mulyana dalam telekonferensi pada 18 Mei 2020.

Kini program listrik gratis dari PLN telah resmi diperpanjang. Karena itu Anda bisa mengajukan klaim token listrik gratis bulan Juli 2020 melalui website resmi PLN maupun melalui chat WhatsApp 08122123123. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...