Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita BanjarUMKM Pengekspor Sale Dikunjungi Kapolres dan Ketua PKK Banjar

UMKM Pengekspor Sale Dikunjungi Kapolres dan Ketua PKK Banjar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),– Kapolres Banjar Polda Jabar AKBP Melda Yanny, bersama Ketua PKK Kota Banjar dan Polwan Polres Banjar Polda Jabar mengunjungi UP2K UMKM pengekspor sale pisang di Desa Batulawang Kecamatan Pataruman, Rabu (30/7/2020).

Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Putri Barokah Desa Batulawang tersebut diketahui merupakan produsen sale pisang yang saat ini berhasil menembus pasar luar negeri atau ekspor.

Ketua PKK Desa Batulawang, Mimin Mintarsih, mengatakan, selain sale, kelompok UP2K Desa Batulawang juga memproduksi aneka makanan ringan seperti keripik, comring dan gula merah.

Pasar yang sudah dirambah untuk pemasaran produk sale ini di antaranya beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selain itu, sale juga sudah menembus pasar Malaysia.

“Terutama produk sale pangsa pasarnya sudah sampai Malaysia,” kata Mintarsih kepada awak media.

Menanggapai hal tersebut, Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny, mengatakan, UMKM Desa Batulawang ini sangat produktif dalam memproduksi produk makanan berupa sale dan makanan ringan lainnya.

“UMKM Desa Batulawang ini perlu diapresiasi. Karena selain kualitasnya, produk sale ini ternyata sudah menembus pasar Malaysia,” ucap Kapolres Banjar.

Selain memberikan motivasi kepada pelaku UMKM pengekspor sale di Desa Batulawang, Kapolres Banjar bersama jajarannya juga mengunjungi pelaku UMKM Pengrajin piring lidi di Desa Binangun, Kecamatan Pataruman.

Pada kunjungannya di Desa Batulawang tersebut Kapolres Banjar bersama Polwan Polres Banjar belajar menganyam lidi, dibentuk sedemikian rupa hingga anyaman lidi itu membentuk sebuah piring.

“Kegiatan ini upaya kami memberikan motivasi kepada pelaku ekonomi kreatif untuk meningkatkan produktivas meski saat ini masih dalam masa situasi pandemi” ucap Kapolres Banjar.

Kunjungan kegiatan tersebut ditutup dengan pemberian bantuan sembako dari Kapolres Banjar untuk UP2K UKM Desa Binangun dan UP2K UKM Desa Batulawang. (Muhlisin/R7/HR-Online)