Usir Hama Ikan, Peternak Ikan di Pangandaran Bikin Pancur Dang

Usir Hama Ikan, Peternak Ikan di Pangandaran Bikin Pancur Dang
Pancur dang, alat untuk menakut-nakuti hama ikan. Foto:Istimewa

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).- Mengantisipasi hama ikan, peternak ikan mujaer di Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, membuat alat yang dinamai pancur dang.

Peternak ikan mujaer asal Langkaplancar, Yamin mengatakan, jauhnya kolam ikan dari pemukiman, membuat peternak ikan khawatir kolamnya dimangsak hama.

Terlebih di area kolam tersebut terkenal banyak hewan berang-berang atau dalam istilah sundanya dinamai sero.

Maka dari itu, untuk menakut-nakuti atau mengusir hama sero dari kolam ikan miliknya, ia mencoba memasang alat yang disebut pancur dang.

“Alhamdulilah semenjak alat itu saya pasang kolam ikan saya gak pernah lagi dijamah hewan tersebut,” ujarnya Minggu (12/7/2020).

Ia pun menyarakan kepada para peternak yang kolam ikannya jauh dari pemukiman dan sering diserang hama sero, agar mencoba membuat pancur dang.

“Saya juga siap menerima order pembuatan alat tersebut,” katanya.

Lebih lanjut Yamin mengatakan, sebelum dirinya memasang alat tersebut, hampir tiap minggu kolam ikan miliknya selalu dijamah hama sero.

“Kini saya tak hawatir lagi, karena Insyaallah alat ini cukup manjur mengusir atau menakut- nakuti hama itu,” pungkasnya. (Enceng/R8/HR Online)

Loading...