Vaksin Imunisasi MMR Mampu Cegah Komplikasi Parah Covid-19

Vaksin imunisasi MMR
Ilustrasi Vaksin imunisasi MMR. Foto: Istimewa

Vaksin imunisasi MMR merupakan jenis imunisasi yang diberikan kepada anak-anak untuk memberikan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Sebuah riset menemukan bahwa vaksin MMR mampu mencegah komplikasi parah akibat Covid-19.

Sebuah laporan penelitian yang diterbitkan di jurnal mBio Increasing memperlihatkan bahwa vaksin MMR cukup efektif untuk penanganan penyakit Covid-19 yang sudah parah.

Vaksin anak-anak ini mampu mengaktifkan sel-sel imunitas nonspesifik untuk melatih leukosit. Leukosit atau sel darah putih ini dirangsang agar lebih kuat dan bisa meningkatkan pertahanan yang lebih efektif terhadap serangan virus.

Manfaat Vaksin Imunisasi MMR

Vaksin imunisasi MMR merupakan vaksin yang diberikan untuk anak-anak. Tujuan utamanya untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap serangan penyakit.

Namun seperti dikatakan Wikipedia, program imunisasi anak sering kali masih di bawah target 90 persen dari jumlah anak-anak. Terlebih untuk anak-anak yang tinggal di desa dan daerah terpencil yang sulit dijangkau.

Selain vaksin imunisasi MMR, ada beberapa jenis vaksin yang umum diberikan anak-anak. Antara lain imunisasi Dipteri, BCG, campak, cacar air, hepatitis B, polio, pneumokokus, dan lainnya.

Baca juga: Apa itu Vaksinasi, Manfaat dan Cara Kerjanya

Untuk vaksinasi MMR sendiri harus diberikan sebanyak 2 dosis pada anak-anak. Untuk dosis pertama diberikan saat anak berumur antara 12 – 18 bulan. Untuk dosis kedua diberikan setelah anak berumur 4-6 tahun.

Vaksin MMR, menurut Wikipedia, dibuat dari campuran dari tiga jenis virus yang sudah dilemahkan. Vaksin imunisasi MMR diberikan kepada anak-anak untuk mencegah penyakit demam campak, beguk atau gondong, dan rubela.

Vaksin MMR telah digunakan hampir di seluruh dunia sejak 1970-an. Di Amerika Serikat, vaksin MMR sudah digunakan sejak tahun 1963. Imunisasi diberikan dengan beberapa cara, seperti disuntikkan atau tetesan cairan ke mulut.

Vaksin Imunisasi MMR untuk Covid-19

Profesor Paul Fidel Jr PhD dan Profesor Mairi Noverr PhD mengatakan bahwa vaksin yang dibuat dari virus yang dilemahkan seperti Vaksin MMR berguna mencegah makin parahnya peradangan paru-paru dan sepsis akibat infeksi COVID-19.

TCL

Anak-anak yang telah mendapatkan vaksinasi imunisasi MMR memiliki antibodi kekebalan yang lebih baik menghadapi infeksi virus Corona. Vaksin ini berguna untuk mencegah sepsis dan radang paru-paru.

Baca juga: Inhaler Vaksin Corona Segera Didistribusikan Bulan Agustus

Namun vaksin ini tidak bersifat kekal atau berlaku untuk seumur hidup. Karena itu untuk orang dewasa yang terinfeksi Covid-19 bisa diberikan vaksin MMR. Selain untuk pengobatan, vaksin ini juga efektif mencegah kondisi makin parah.

Dari hasil penelitian di laboratorium memperlihatkan bahwa vaksinasi dengan strain virus yang dilemahkan mampu memberikan perlindungan bawaan yang terlatih. Utamanya terhadap sepsis (keracunan darah) yang mematikan.

“Penggunaan vaksin anak-anak seperti vaksin imunisasi MMR yang diberikan untuk orang dewasa bisa menginduksi sel kontrol yang mampu meredam atau mengurangi komplikasi parah akibat infeksi COVID-19,” kata Paul Fidel seperti dikutip dari Scitech Daily.

Guru besar ilmu kesehatan di LSU Health New Orleans School of Dentistry ini menekankan, pemberian vaksin dari virus yang telah dilemahkan ini merupakan tindakan pencegahan yang berisiko rendah dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Baca juga: Vaksin Corona Berbahan Tembakau, Benarkan Bisa Perangi Covid-19?

Saat ini konsep penggunaan vaksin imunisasi MMR mulai diuji coba di sejumlah negara. Ada enam uji klinis yang sedang dilakukan di Eropa, Australia, dan Amerika Serikat.

Fidel dan Noverr juga mengusulkan pemberian vaksin ini mencakup induksi MDSC. Selain untuk membangkitkan respons bawaan yang terlatih, vaksin ini juga mampu mengurangi atau menghambat peradangan akibat Covid-19.

Uji klinis tak hanya menggunakan vaksin MMR, namun juga dengan vaksin anak lainnya, seperti vaksin TB (Mycobacterium bovis BCG). Pemberian vaksin imunisasi MMR juga disarankan untuk orang yang bekerja di tempat berisiko tinggi Covid-19. (R11/HR-Online)

Loading...