Warga Keluhkan Air dari Saluran Irigasi Bocor Menggenangi Ruas Jalan di Waringinsari Banjar

Air dari saluran irigasi menggenangi jalan sudah lama dikeluhkan warga. Foto: Aisyah/HR.
Air dari saluran irigasi menggenangi jalan sudah lama dikeluhkan warga. Foto: Aisyah/HR.

Barita Banjar (harapanrakyat.com),- Air dari saluran irigasi menggenangi jalan sudah lama dikeluhkan warga. Air tersebut menggenangi Jalan Cikawung, Dusun Sukarahayu, Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat.

Memet (40), salah seorang warga sekitar, mengatakan, sudah bertahun-tahun air dari saluran irigasi yang bocor itu mengalir ke jalan raya. Meskipun sempat diperbaiki, namun tetap saja airnya masih mengalir.

“Memang dulu sudah pernah diperbaiki, tetapi masih saja bocor. Dulu yang membetulkannya tidak tahu petugas tidak tahu apa. Waktu itu saya hanya memfoto saja,” kata Memet, kepada HR Online, Kamis (09/07/2020).

Pantauan HR Online di lokasi, lubang pada saluran irigasi yang bocor hanya ditutup dengan semen, dan masih terlihat air keluar dari pinggir balutan semen.

Baca Juga : Warga Waringinsari Banjar Sesalkan Tanggul Irigasi Bocor Belum Diperbaiki

Menurut Memet, air yang menggenangi ruas jalan mengganggu pengendara karena jalan menjadi licin. Selain itu, jika dibiarkan terlalu lama, air dari saluran irigasi yang menggenangi jalan juga lama-lama bisa mengikis aspal dan menyebabkan jalan berlubang.

“Kondisi itu dikhawatirkan dapat memicu terjadi kecelakaan. Apalagi sekarang sudah ada sedikit aspal yang berlubang,” ujar Memet, yang memiliki bengkel di seberang saluran irigasi tersebut.

Agar air irigasi tidak sampai mengenangi jalan, lanjut Memet, seharusnya ada upaya dari petugas untuk membuat pembuangan air di pinggir saluran irigasi. Paling tidak diberi gorong-gorong atau pipa kecil untuk pembuangan air agar tidak lari ke jalan.

Apalagi saat ini petani sangat membutuhkan air untuk bercocok tanam, karena sekarang sudah musim tandur. Jadi sayang kalau air irigasi terbuang begitu saja.

Hal serupa dikatakan warga lainnya yang namanya enggan disebutkan. Menurutnya, kemungkinan bocornya di bagian atas saluran irigasi.

“Harusnya segera dibenarkan. Dikhawatirkan pengendara tertipu oleh aspal yang terlihat mulus, padahal licin karena tergenangi aliran air,” harapnya. (Aisyah/R3/HR-Online)

Loading...