Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TasikmalayaWarga Tasikmalaya Bangun Kampung Edukasi Sodong Secara Mandiri

Warga Tasikmalaya Bangun Kampung Edukasi Sodong Secara Mandiri

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),– Masyarakat Kampung Legok Awi, Desa Cukangjayaguna, Kecamatan Sodongjilir, Kabupaten Tasikmalaya tengah berupaya membangun Kampung Edukasi Sodong secara mandiri.

Kampung Edukasi berusaha diwujudkan oleh masyarakat secara gotong royong sebagai bagian dari pengembangan desa wisata.

Baca Juga: Yuk, Menikmati Kampung Kolecer di Cisayong Tasikmalaya!

Bah Irdas, penggiat lingkungan di Desa Cukangjayaguna, mengatakan, masyarakat berusaha mandiri untuk mengembangkan Kampung Edukasi, tanpa bantuan dari pemerintah.

“Ini upaya untuk mempertahankan kearifan lokal, yakni mau berdiri sendiri, mau membangun tanpa harus menggantungkan harapan terhadap pemerintah,” ujarnya, Senin (20/7/2020).

Menurut Irdas, jika di Kampung Legok Awi bisa mengembangkan Kampung Edukasi Sodong tanpa anggaran dari pemerintah, maka kampung lain yang disokong dengan bantuan pemerintah seharusnya sudah bisa mewujudkannya.

“Kenapa di kampung lain di desa lain dengan sokongan bantuan anggaran tidak bisa berbuat dan meniru, sehingga anggaran hanya menjadi penopang saja,” katanya.

Baca Juga: Viral! Seorang Ibu di Tasikmalaya Melahirkan Setelah Hamil 1 Jam

Bah Irdas berharap di Kabupaten Tasikmalaya bisa muncul masyarakat yang mau membangun tanpa harus menunggu bantuan dari pemerintah.

“Karena dengan membanguan desa secara mandiri sangat berdampak positif pada kemajuan pola berpikir, dan mempertahankan kearifan lokal itu tujuannya,” pungkasnya. (Apip/R7/HR-Online)