Wastapel di Pasar Ciamis Tak Ada Airnya, Warga Mengeluh

Wastapel di Pasar Ciamis Tak Ada Airnya, Warga Mengeluh
Seorang pengunjung pasar Ciamis tengah menggunakan wastapel di pasar, sayang wastapel tersebut tak ada airnya, Selasa (30/6/2020).Foto:Fahmi/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).-  Wastapel atau tempat cuci tangan yang berada di pasar Ciamis dan Terminal Ciamis, saat ini tak bisa digunakan.

Pasalnya, wastapel portabel yang dipasang pemerintah sebagai upaya pencegahan Covid-19 tersebut tak ada airnya.

Pantauan HR Online, terdapat 1 wastapel di Pasar Ciamis dan 1 wastapel di terminal Ciamis yang dalam keadaan kosong.

Dibeberapa titik lokasi lainnya, wastapel masih mengeluarkan air. Karena dinilai kurang efektif, sejumlah pedagang pasar pun banyak yang menyediakan tempat cuci tangan dengan menggunakan galon di depan tokonya.

Tidak berfungsinya sejumlah wastapel di pasar Ciamis dikeluhkan salah seorang pengunjung pasar, Yuli (38), Selasa (30/6/2020).

Kata dia, keberadaan wastapel di tempat umum penting apalagi saat ini memasuki masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), dimana tempat cuci tangan menjadi salah satu syarat penerapan protokol kesehatan.

“Barusan mau cuci tangan di wastapel yang ada di pasar Ciamis, namun airnya kosong. Harusnya tempat cuci tangan ini dirawat, diis air tiap hari agar ada manfaatnya,” ujar Yuli.

Kata dia, wastafel tersebut jangan hanya jadi pajangan saja. “Ketika kesadaran masyarakat meningkat untuk cuci tangan, namun tidak didukung dengan sarana dan prasarana oleh pemerintah, itukan malah sia-sia,” katanya.

Keberadaan tempat cuci tangan di tempat publik di Ciamis memang belum merata. Seperti halnya di Alun-alun dan Taman Lokasana Ciamis, tempat cuci tangannya yang masih minim.

Meski demikian, Pemkab Ciamis saat ini tengah menyiapkann sarana tersebut dalam menghadapi AKB atau new normal.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Ciamis Taufik Gumelar, mengakui jika wastapel di Alun-alun Ciamis masih kurang.

“Sekarang wastapel portabel di alun-alun baru 2, idealnya 4 unit. Nanti akan kita tambah,” ujarnya.

Kata dia, Dinas berencana akan memasang wastafel permanen di kawasan Alun-alun Ciamis. Namun ke depan alun-alun Ciamis akan dibangun lagi secara keseluruhan, sehingga untuk sementara ini dipasang wastafel portabel. (Fahmi2/R8/HR Online)

Loading...