Website Galuh Virtual Dibuat oleh Siswa SMK Negeri 1 Kawali Ciamis

Website Galuh Virtual Dibuat oleh Siswa SMK Negeri 1 Kawali Ciamis
Redi (baju hitam), siswa SMK Negeri 1 Kawali jurusan Rekayasa Perangkat Lunak yang membuat website Galuh Virtual bersama Kepala Disbudpora Ciamis, Erwan Darmanwan dan jajarannya. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Website Galuh Virtual yang menyediakan ragam informasi budaya, wisata dan tempat bersejarah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rupanya dibuat oleh seorang siswa SMK Negeri 1 Kawali Ciamis. Sebelumnya siswa di sekolah itu pun sukses membuat aplikasi online penjualan madu Ciamis dan beragam teknologi lainnya.

Siswa yang membuat website tersebut bernama Redi. Siswa SMK Negeri 1 Kawali jurusan Rekayasa Perangkat Lunak ini baru saja lulus setelah tiga tahun mengenyam pendidikan di sekolahnya.

Tak Hanya Website Galuh Virtual, Siswa SMK 1 Kawali Buat Sistem SMS Blast

Kepala SMK Negeri 1 Kawali, Hadi Sumantoro, mengatakan, pihaknya selalu mendorong siswanya menerapkan keilmuan yang didapat di sekolah untuk diimplementasikan di masyarakat.

“Sudah banyak karya siswa kami yang digunakan oleh masyarakat, mulai dari pembuatan website, pembuatan aplikasi online, aplikasi pengoprasian alat pertanian dan lainnya,” katanya, kepada HR Online, Senin (14/07/2020).

Baca juga: Galuh Virtual, Website Milik Pemkab Ciamis Akhirnya Di-Launching

Hadi menjelaskan untuk pembuatan website Galuh Virtual dikerjakan oleh seorang siswanya yang dibimbing oleh beberapa guru pengajar. Dalam projek website ini, kata dia, siswanya yang membuat tampilan templet web hingga membuat aplikasi layanan pesan SMS blast.

“Pihak Disbudpora meminta kami sekalian membuat SMS blast untuk mempromosikan tempat wisata budaya di Ciamis. Alhamdulilah semua permintaan dari pihak Disbudpora bisa dikerjakan oleh siswa kami,” ujarnya.

Menurut Hadi, pihaknya terlibat dalam pembuatan website atas permintaan dari pihak Disbudpora. “Bagi siswa kami membuat website sudah biasa, karena diajarkan dalam pembelajaran di kelas. Siswa kami pun tidak begitu kesulitan ketika mengerjakan permintaan dari Disbudpora,” ungkapnya.

Hadi juga menyatakan terbuka kepada berbagai pihak untuk menjalin kerjasama dalam pengembangan bidang teknologi. Apalagi yang mengajak kerjasamanya dari lingkup Kabupaten Ciamis.

“Selagi siswa kami bisa mengerjakan, kenapa tidak dicoba. Karena kami pun memberikan pembelajaran kepada siswa tidak hanya sekedar teori, tetapi sekaligus dengan prakteknya. Sebab lulusan SMK memang diciptakan untuk menjadi pekerja siap pakai,”

“Jadi dengan adanya berbagai kerjasama sangat membantu dalam melatih siswa kami agar setelah lulus nanti benar-benar menjadi pekerja siap pakai,” ujarnya.

Memanfaatkan Luasnya Akses Digital

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis, Erwan Darmawan, mengatakan, dipilihnya siswa SMK 1 Kawali mengerjakan website Galuh Virtual, karena pihaknya ingin memberdayakan SDM lokal dari Ciamis.

“Jadi kami berpikir, kalau ada orang Ciamis yang bisa mengerjakan website ini, kenapa harus mencari orang ke daerah lain. Awalnya juga saya yakin dari sekian banyak warga Ciamis pasti ada beberapa orang yang bisa mengerjakan website ini. Kemudian setelah kami menghubungi beberapa pihak, bertemulah dengan SMK 1 Kawali,” ujarnya.

Baca juga: Aplikasi Galuh Virtual, Inovasi Disbudpora Ciamis Angkat Potensi Budaya Tatar Galuh

Erwan mengaku website yang dikerjakan oleh siswa SMK 1 Kawali sudah sesuai dengan ekspektasinya. Malah dia tidak menyangka seorang siswa SMK bisa mengerjakan sebuah website dengan tampilan sangat menarik.

“Mudah-mudahan ini awal yang baik. Karena untuk menyukseskan program ini butuh dukungan dari semua komponen di Ciamis,” katanya.

Erwan mengatakan dibuatnya website Galuh Virtual bukan tanpa alasan. Menurutnya, promosi paling efektif di era sekarang adalah melalui layanan digital.

“Masyarakat sekarang sudah serba digital, terutama dalam mencari informasi. Makanya dalam mempromosikan budaya Ciamis harus menyesuaikan dengan jaman. Terlebih promosi lewat saluran digital aksesnya semakin luas. Mudah-mudahan peluang ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mempromosikan wisata budaya Ciamis,” ujarnya. (R2/HR-Online)

Loading...