Wisata Lembah Pangangonan Ciamis Suguhkan Keindahan Alam

Wisata Lembah Pangangonan Ciamis Suguhkan Keindahan Alam
Objek Wisata Lembah Pangangonan, yang ada di Dusun Mekarsari, Desa Beber, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, menyuguhkan pemandangan alam yang indah, Minggu (12/7/2020).Foto:Aji/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Meski terbilang sebagai destinasi baru, Objek Wisata Lembah Pangangonan, yang ada di Dusun Mekarsari, Desa Beber, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis ramai dikunjungi wisatawan, Minggu (12/7/2020).

Pengunjung yang datang ke objek wisata tersebut bukan hanya dari Ciamis saja, tetapi pengunjung juga ada yang datang  dari luar Ciamis.

Kepala Desa, Beber Abduk Kholik mengatakan, lokasi Lembah Pangangonan ini sebelumnya adalah lokasi yang sering dijadikan tempat musyawarah Desa.

Tetapi, melihat pemandangan yang indah dengan nuansa alam yang masih asri, membuat pihak Desa dibantu Karang Taruna dan warga Dusun Mekarsari, bertekad untuk membangun tempat wisata disini.

“Sejak dibuka, pengunjung terus berdatangan dalam jumlah yang tidak sedikit,” kata Abdul Kholik.

Kata dia, untuk pembangunan dan penataan lokasi wisata, pihaknya melibatkan warga dari setiap RT yang ada di dusun Mekarsari, Desa Beber.

“Pembuatan saung, penanaman bunga-bunga dan spot-spot foto selfi itu dibangun per RT, alhamdulillah antusias warga untuk membangun wisata di wilayahnya cukup tinggi,” ujarnya.

Kedepan, wisata Lembah Pangangonan ini akan lebih ditata sedemikian rupa, agar lebih menarik minat pengunjung.

Selain bisa dijadikan lokasi untuk kegiatan musyawarah, banyaknya saung atau gazebo di lokasi wisata juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan anak anak PAUD ataupun kegiatan yang lainya.

“Tentunya dengan kehadiran wisata ini, sedikitnya bisa membuka peluang usaha baru bagi warga sekitar, warga bisa berdagang di lokasi wisata, tentunya perekonomian juga meningkat,” jelas Abdul.

Sejarah Wisata Lembah Pangangonan

Kepala Desa, Beber Abduk Kholik menceritakan, sejarah lokasi tersebut disebut Lembah Pangangonan, karena pada jaman dulu, lokasi ini dijadikan lokasi menggembala hewan ternak atau dalam bahasa sunda pangangonan.

“Dari situlahasal muasal nama pangangonan dibuat,” jelasnya.

Kedepan, jika ada dana, pihaknya akan lebih fokus mengembangkan wisata Lembah Pangangonan ini. Akses jalan akan dibangun supaya masuk ke lokasi wisata bisa lebih mudah untuk dilewati.

“Potensi lainya juga akan kita kembangkan, apalagi pemandangan di lokasi tersebut sangat indah dengan aliran sungai Citanduy dan bendungan Lewi Keris yang saat ini masih dibangun,” ucapnya.

Pihaknya berharap, wisata Lembah Pangangonan ini akan menjadi sumber PADes yang besar bagi Desa Beber. (Aji/R8/HR Online)

Loading...